Sekelumit Sejarah Paroki Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalbar (1)

0
80 views
Gereja dan gedung Paroki Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalbar, di tahun 1908. (Ist)

PEMANGKAT adalah kota kecil setingkat kecamatan. Ini merupakan permukiman penduduk terpadat di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Sebagaimana digambarkan di dalam Wikipedia, kata “pemangkat” ini berasal dari bahasa Cina dialek Hakka. Disebut dalam bahasa Hakka:邦戛 (Hakka: Pang kat, Pinyin: Bāng jiá).

Sejauh yang penulis ketahui, umumnya penduduk saat ini di Pemangkat adalah mayoritas orang-orang Hakka (客家人).

Sebelum Paroki Pemangkat didirikan secara resmi bulan Oktober tahun 1907, daerah ini dikunjungi oleh pastor-pastor dari Singkawang sejak tahun 1905.

Jarak Pemangkat-Singkawang tidak jauh. Hanya sekitaran 32 km saja.

Bahkan ada catatan bahwa pada abad lalu pastor-pastor misionaris Jesuit dari Jakarta malah sering mengunjungi Pemangkat dan tentu saja juga Singkawang.

Permandian tahun 1879

Permandian pertama yang terjadi di Paroki Pemangkat tercatat pada tanggal 22 November 1879. Permandian dilakukan oleh Pastor Staal SJ.

Dari tahun 1879-1905, Pastor Staal SJ dan Pastor Schroer SJ beberapa kali datang mengunjungi daerah ini. Antara lain ke Stasi Pelanjau (dan Buduk) serta Sempadang.

Pastor Malachias de Jong OFMCap.

Membuka Paroki Pemangkat

Berdasarkan catatan Pastor Malachias de Jong OFMCap, pada bulan Oktober 1907, Pastor Marsellus Winnumuller membuka Stasi Pemangkat.

Seluruh wilayah Pemangkat menjadi mandiri. Demikian pula yang terjadi dengan Paroki Sambas yang berjarak 80 km ke arah utara dari Singkawang. Kedua wilayah baru ini -Pemangkat dan Sambas- mulai mandiri dari Singkawang.

Sambas mulai mandiri sejak tahun 1909; terlepas dari Pemangkat dan menjadi stasi sendiri.

Pemberkatan Gereja Santo Yoseph Paroki Pemangkat dilakukan oleh Mgr. Pacificus Bos OFMCap – saat itu Prefektur Apostolik Borneo-Belanda berkedudukan di Pontianak.

Peristiwa ini terjadi  tanggal 3 Juni 1908.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here