Seluruh Alam dan Masyarakat Papua Bersukacita Sambut Tahbisan Uskup Asli Papua Mgr. You (1)

0
300 views
Uskup Keuskupan Jayapura: Mgr. Leo Laba Ladjar OFM (Ferry Sutrisna Widjaja Pr)

SUKACITA. Itu menjadi kata kunci penting hari-hari ini. Jelang prosesi tahbisan episkopal untuk Uskup Terpilih Keuskupan Jayapura: Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You.

Mgr. You akan menerima Tahbisan Episkopalnya dari tangan Nuncio Dubes Vatikan untuk RI Mgr. Piero Pioppo di Gereja Katedral Kristus Raja Jayapura.

Mgr. Pioppo akan bertindak sebagai Uskup Penahbis Utama. Didampingi Uskup Mgr. Leo Laba Ladjar OFM dan Ketua KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin.

Juga ikut di altar nanti adalah Provinsial OFM Papua Romo Gabriel Ngga OFM dan Ketua UNIO Jayapura Romo James Kosay Pr. Mereka berdua akan mendampingi Mgr. You.

Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr dari Keuskupan Bandung saat mewawancarai Uskup Keuskupan Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar OFM di Wisma Keuskupan Jayapura, Selasa 31 Januari 2023. (Dok. Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr)
Romo Paul Tan dan Uskup Keuskupan Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar OFM. (Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr)
Romo Paul Tan, Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr dan Mgr. Leo Laba Ladjar OFM. (dok. Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr)

Atmosfir sukacita di mana-mana

“Seluruh alam semesta dan masyarakat Papua saat ini dalam suasana sangat bersukacita karena inilah untuk pertama kalinya ada uskup asli orang Papua,” ungkap Uskup Keuskupan Jayapura Mgr. Leo Laba Ladjar OFM saat ditemui penulis.

Penulis sengaja menyempatkan diri datang ke Jayapura untuk menghadiri prosesi tahbisan uskup baru Keuskupan Jayapura Mgr. You, hari Kamis lusa.

Pindah ke Wisma Keuskupan 6 Februari

Usai menerima tahbisan episkopalnya, Mgr. You masih akan tetap tinggal di Pastoran Paroki Katedral Jayapura. Selanjutnya, baru nanti tanggal 6 Februari 2023, beliau akan pindah ke Wisma Keuskupan Jayapura.

Pada tanggal yang sama Uskup Mgr. Leo Laba Ladjar OFM akan meninggalkan Wisma Keuskupan Jayapura dan selanjutnya tinggal di Biara Fransiskan Apo, Jayapura. (Berlanjut)

Baca juga: Uskup Keuskupan Jayapura Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You – Doa Kerahiman Ilahi untuk Redakan Kekerasan di Papua (2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here