Semarang, Tuan Rumah Dialog Lintas Agama ke-6

0
813 views

Kota Semarang akan menjadi tuan rumah Dialog Lintas Agama ke-6 selama empat hari mulai tanggal 11 Maret hingga 15 Maret 2012.

“Ini salah satu hal yang luar biasa bagi Kota Semarang karena dipercaya untuk tempat acara tingkat internasional,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Nurjanah di Semarang, Minggu.

Kota Semarang sangat bersyukur dapat dipercaya kembali menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan acara tingkat internasional yang diikuti peserta dari sekitar 15 negara.

Dialog Lintas Agama tahun ini mengangkat tema “Memperkuat Kolaborasi Komunitas dalam Menciptakan Perdamaian dan Keamanan Dunia”.

“Para peserta dialog, akan menginap di Hotel Grand Candi dan ada beberapa kunjungan ke tempat-tempat wisata religi,” katanya.

Nurjanah mengakui bahwa Kota Semarang terdapat sejumlah tempat wisata religi dan masyarakatnya dapat hidup berdampingan antaragama dengan baik.

Berdasarkan jadwal yang sudah ada, para peserta akan tiba di Kota Semarang pada Minggu (11/3) dan pembukaan acara dilaksanakan Senin (12/3) di Gedung Gradika Bhakti Praja Jateng Jalan Pahlawan, Semarang.

Sebelum acara inti berupa rapat pleno sesi pertama dengan tema “Membangun Komunitas Bersama: Penguatan Masyarakat Sipil dalam Membangun Perdamaian dan Pencegahan Konflik Antaragama dalam Aksi”, akan diawali dengan kunjungan ke Kantor Uskup Agung Semarang.

Senin siang akan dilanjutkan rapat pleno dengan tema “Peran Pendidikan dalam Mempromosikan Perdamaian dan Keamanan”.

Selasa (13/3) seluruh delegasi berangkat ke Masjid Agung Jawa Tengah untuk kembali melanjutkan dialog sekaligus untuk kunjungan di MAJT dan Museum Sejarah Islam serta sore harinya kunjungan ke Pagoda Avalokitesvara di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang.

Pada Rabu (14/3), selama satu hari penuh para delegasi akan melakukan kunjungan wisata ke tempat wisata religi seperti Sam Poo Kong, Gereja Katedral, Gereja Blenduk, dan Masjid Menara Kudus. Acara penutupan dilakukan pada hari terakhir, Kamis (15/3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here