Serah Terima Jabatan Pastor Paroki Katedral Malang

0
176 views
Paroki Katedral Malang - serah terima jabatan Pastor Kepala Paroki. (Laurensius Suryono)

“TERIMAKASIH kepada Romo Emanuel Wahyu Widodo PR karena sudah lima tahun menjadi Pastor Paroki Katedral Malang, paroki yang terpenting di Keuskupan Malang karena harus representatif. Kerja keras Romo Emil selama lima tahun tidak diragukan, terimakasih atas semua yang telah dikerjakan bersama dengan Dewan Pastoral Paroki dan BPGDA Paroki.”

“Terima kasih juga atas kesediaan Romo Emil  menjadi Rektor Seminarium Marianum di Probolinggo. Semoga apa yangg sudah dimulai dengan baik oleh para Rektor Seminari sebelumnya dapat Romo lanjutkan dalam kerjasama dengan dua rekan yang masih muda Romo Trio dan Romo Damian. Semoga Romo dapat melanjutkan pengabdian di seminari.”  

Sambutan Uskup Keuskupan Malang Mgr. Henricus Pidyarto O.Carm. (Laurensius Suryono)

“Terima kasih kepada Romo Ignasius Adam Suncoko Pr atas kesediaannya menjadi Pastor Paroki di Paroki Katedral Malang. Semoga kerjasama yang sudah dipupuk Romo Emil dapat Romo kembangkan bersama Ketua Dewan Pastoral Paroki.  Semoga dibawah penggembalaan Romo Ignasius Adam Suncoko bersama Romo Ignasius Joko Purnomo O.Carm Paroki Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel (SPMGK) Katedral Malang tetap jaya menjadi paroki yang representatif dalam bidang Llturgi dan bidang lain.”

Demikian sambutan Bapak Uskup Keuskupan Malang Mgr. Henricus Pidyarto O.Carm dalam acara serah terima Pastor Paroki SPMGK Katedral Malang yang dilaksanakan di Gedung Pastoral Widya Bakti pada Minggu 18 April 2021.

Sebelumnya, dibacakan Surat Keputusan Uskup Keuskupan Malang tentang pemberhentian dengan hormat Romo Emanuel Wahyu Widodo Pr dari Jabatan Pastor Kepala Paroki SPMGK Katedral Malang.

Juga dibacakan tentang pengangkatan Pastor Kepala Paroki SPMGK Katedral Malang Romo Ignasius Adam Suncoko terhitung 18 April 2021 s.d 18 April 2024.

Paroki Katedral Malang disebut oleh Romo Emil sebagai paroki yang guyub dan dinamis. Ia bersyukur dan bergembira dapat berkarya di paroki ini selama lima tahun sejak April 2016.

Ia juga berhasil menyelesaikan pembangunan Gedung Pastoral Widya Bhakti yang diresmikan penggunaannya oleh Bapak Uskup Malang dan Walikota Malang pada Minggu 27 Oktober 2019.

Sedangkan Romo Adam mengharapkan kerjasama Dewan Pastoral Paroki, BPGDA para Ketua Wilayah dan para Ketua Lingkungan  serta umat Paroki Katedral Malang untuk bersama melayani. Juga mengembangkan paroki agar lebih bersemangat dalam karya pelayanan.

Tukar posisi dan tugas antara Romo Adam Suncoko dan Romo Emil. (Laurensius Suryono)

Romo Adam mempunyai pengalaman sebagai Pastor Paroki di Paroki Santo Albertus de Trapani Blimbing Malang, Pastor Paroki Santo Antonius Padova Pasuruan, Ketua Komisi HAK Keuskupan Malang, serta Rektor Seminarium Marianum Keuskupan Malang di Probolinggo.

Hadir pada kesempatan ini para imam dari Seminarium Marianum Probolinggo, para imam yang ada di  Paroki Probolinggo, dan rombongan PPSM  Probolinggo.

Dari Paroki SPMGK Katedral Malang hadir Pengurus Harian Dewan  Pastoral Paroki dan anggota BPGDA Paroki Katedral Malang.

Paroki SPMGK Katedral Malang mempunyai motto, “paroki berwajah lingkungan” dan berdiri sejak Oktober 1934.

Sampai saat ini reksa pastoral dilaksanakan dalam 32 lingkungan, 12 wilayah.

Secara teritori berada  di sekitar Kota Malang sebelah barat, namun ada dua wilayah yang masuk administrasi Kabupaten Malang.   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here