Siap Ditertawakan, karena Yesus

0
256 views
Ilustrasi The Wright Brothesr by ist

Bacaan 1: Hos 2:13. 14b-15. 18-19
Injil: Mat 9:18 – 26

ADAKAH yang mengenal Wilbur Wright dan Orville Wright? Dialah Wrights bersaudara, tak pernah lulus sekolah menengah namun mampu menciptakan “Pesawat Terbang Pertama”.

Pada awalnya, mereka selalu ditertawakan orang banyak karena mekanisme penerbangan yang diciptakannya. Namun kemudian mereka berhasil mematahkan pandangan masyarakat saat melakukan demonstrasi pertama mereka di Perancis pada tahun 1908.

Tuhan Yesus juga ditertawakan oleh para peniup seruling perkabungan dan orang-orang yang melayat anak kepala rumah ibadat yang mati, karena mengatakan bahwa anak itu tidak mati namun tidur.

Mungkin mereka menganggap Yesus gila, sudah jelas-jelas mati kok dibilang tidur. Mereka tidak tahu bahwa Tuhan Yesus adalah sumber kehidupan, Dia-lah Tuhan yang memberi hidup orang dan yang menentukan matinya seseorang.

Setelah orang banyak itu diusir, Yesus masuk dan memegang tangan anak itu, lalu bangkitlah anak itu. Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu.

Dalam bacaan hari ini, Tuhan Yesus juga menyembuhkan seorang perempuan (yang selama 12 tahun berpenyakit pendarahan) dengan tanpa berbuat sesuatu pun melainkan energi ilahi-Nya yang telah menyambut iman perempuan tersebut sehingga ia disembuhkan saat hanya dengan menjamah jubah-Nya. “Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh” demikian pikir perempuan itu.

Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: “Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau.”

Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu.

Dalam nubuatan Hosea, ia menubuatkan Allah yang dalam kasih karunia-Nya masih akan memanggil Israel (meski telah berselingkuh) untuk kembali menjadi pasangan sejati-Nya.

“Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang. Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal TUHAN”.

Di sini Allah berjanji untuk memulihkan Israel dalam hubungan perjanjian oleh kasih-Nya yang menebus dan menjadikan mereka mengenal Dia secara nyata dan pribadi.

Pesan hari ini

Siapkah kamu ditertawakan karena mengimani Yesus sebagai Allah Putera? Atau malah ikut dalam barisan yang mentertawakan Yesus? Bersama Tuhan Yesus tidak ada lagi penyakit maupun kematian sebab Dia-lah sumber kehidupan itu sendiri. Maka janganlah sampai dirimu terpisah dari-Nya.

Pakai sarung tangan adalah ide buruk sebab virus Covid-19 bisa terakumulasi di sarung tangan dan berbahaya saat tak sengaja menyentuh wajah, cukup cuci tangan yang bersih secara teratur

Bersatu Melawan Coronavirus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here