Sulitnya Kuliah Daring

0
101 views
Ilustrasi - Kuliah daring (Ist)

PANDEMI virus corona telah mengubah berbagai macam dimensi kehidupan. Perubahan tersebut mengakibatkan banyak orang mengalami kesulitan.

Mulai dari kesulitan dalam menjalankan aktivitas, kesulitan berintereaksi dengan sesama, dan kesulitan mengikuti proses kegiatan belajar mengajar, serta masih banyak kesulitan lain yang dihadapi.

Kesulitan itu juga akan menimbulkan masalah-masalah yang dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial di dalam kehidupan berasyarakat.

Maka untuk menghindari terjadinya kesenjangan sosial, pemerintah telah berusaha melakuan berbagai macam upaya agar pandemi ini dapat dikendalikan dan dapat segera berakhir.

Namun usaha yang dilakukan pemerintah masih belum maksimal, sehingga banyak masyarakat yang mulai mengeluh dengan keadaan yang semakin hari semakin memburuk.

Kuliah daring

Kuliah daring adalah aktivitas belajar yang dilakukan dalam jaringan internet dan melalui aplikasi zoom. Aplikasi ini sangat membantu proses pembelajaran dalam masa pendemi seperti saat sekarang ini.

Melalui aplikasi tersebut mahasiswa diminta untuk tetap fokus dalam mengikuti proses perkuliahan yang mereka ikuti.

Selain itu, aplikasi zoom dapat digunakan mahasiswa untuk melakukan pertemuan-pertemuan penting, tanpa haus bertemu langsung dengan orang yang ingin mereka jumpai.

Dari sebab itu sangat penting bagi mahasiswa untuk memiliki aplikasi tersebut, agar bisa mengikuti kuliah, maupun pertemuan-pertemuan penting lainnya.

Proses perkuliahan secara daring pada masa pandemi menuntut mahasiswa untuk membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru, seperti belajar harus melalui jaringan internet, mengumpulkan tugas juga harus melalui jaringan internet, dan masih banyak kebiasaan-kebiasaan baru yang harus dipelajari.

Membiasakan diri dengan hal-hal yang baru bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena begitu banyak masalah-masalah yang akan menimbulkan keresahan. Namun mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan, semuanya itu harus dilakukan guna memperoleh pendidikan yang sebagaimana mestinya.

Berbagai kendala

Saat mengikuti kuliah daring, ada beragam kendala yang harus dihadapi, antara lain adalah lambatnya koneksi jaringan internet dan kerap kali ngelag karena tingginya pemakaian internet. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa mulai mengeluhkan proses perkuliahan dilakukan secara daring, sehingga mulai munculnya suatu kebosanan dengan sistem kuliah secara daring.

Mahasiswa juga merasa kebingungan dan kerap kali mengeluhkan tugas yang diberikan oleh para dosen, karena tugas yang diberikan sangat banyak dan hal tersebut dapat dikatakan melebihi kapasitas, tugas yang satu belum selesai, kemudian diberikan lagi tugas yang lain sebagai tugas tambahan.

Selain itu yang menjadi keluhan mahasiswa adalah saat mengikuti perkuliahan kadang-kadang jaringan internet tidak stabil, sehingga banyak materi yang tidak dipahami akibat jaringan internet yang tidak stabil.

Kuota jadi beban

Kemudian masalah lain yang dihadapi adalah terkadang ada beberapa tempat yang susah sinyal dan ditambah lagi mahasiswa harus membeli kuota tiap pekan, karena kuliah secara daring sangat memerlukan kuota yang lumayan banyak sehingga mau tidak mau mahasiswa harus membeli kuota demi kepentingan perkuliahan.

Melihat banyaknya masalah yang dihadapi, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah agar proses perkuliahan secara daring dapat memberikan kenyamanan bagi setiap mahasiswa. Seperti yang telah kita ketahui saat ini di mana pemerintah telah menyediakan kuota gratis guna menunjang proses perkuliahan yang aman dan lancar.

Kemudian pemerintah juga telah memfasilitasi dengan menyediakan berbagai aplikasi yang dianggap mendukung proses pembelajaran.

Salah satu aplikasi tersebut adalah ruang guru dan masih banyak aplikasi lainnya yang dapat diakses mahasiswa maupun para pelajar agar bisa belajar dengan nyaman.

Upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut diharapkan bisa memberi semangat kepada mahasiswa maupun para pelajar supaya dalam mengikuti pembelajaran mereka tetap semangat dan termotivasi untuk terus belajar demi mencapai cita-cita yang mereka inginkan.

Error

Walaupun berbagai upaya telah dilakukan, namun masih ada kekurangan dan masalah yang muncul.

Salah satu kekurangan dari upaya tersebut adalah jaringan internet yang terkadang ngelag karena mengalami gangguan, koneksi internet error, karena banyaknya frekuensi yang dibutuhkan sehingga menyebabkan gangguan pada jaringan.

Kemudian kuota gratis yang disediakan pemerintah tersebut hanya bisa digunakan untuk mengikuti pembelajaran daring saja, tetapi untuk membuka link atau aplikasi yang lain tidak bisa.

Padahal kita ketahui bersama bahwa bahan kuliah yang diberikan kebanyakan ada di Google atau di YouTube dan kuota yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi tersebut cukup besar.

Hal ini yang perlu diperhatikan pemerintah supaya lebih serius dalam menangani masalah atau kesulitan yang dihadapi mahasiswa dan para pelajar lainnya.

Melihat upaya yang dilakukan masih saja mengalami kelemahan, maka diperlukan solusi agar perkuliahan secara daring dapat berjalan dengan lancar, salah satunya adalah tetap bersabar dan berpikir positif.

Walaupun perubahan ini membuat banyak orang tidak merasa nyaman dan banyak mahasiswa yang merasa keberatan karena telah membayar kuliah dengan biaya yang cukup mahal, namun ungkapan syukur patut ditanamkan dalam diri.

Karena masih bisa mengenyam pendidikan, jika dibandingkan dengan orang di luar sana yang tidak merasakan pendidikan yang layak karena harus membantu orangtuanya bekerja.

Selain itu yang harus dipahami adalah tetap berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan yang dihadapi sekarang, dari pada hanya mengeluh dengan kesulitan yang dihadapi. Kemudian hal kedua yang harus dilakukan adalah tetap bersemangat dan mempertajam motivasi.

Dengan adanya semangat dan motivasi, mahasiswa akan tetap merasa nyaman terhadap pembelajaran secara daring.

Maka untuk menemukan hal tersebut mahasiswa hendaknya membiasakan diri dengan membaca buku, menonton video yang bermanfaat di YouTube, dan masih banyak hal yang bisa dilakukan supaya tetap bersemangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here