The Final Countdown

0
167 views
The Final Countdown

Bacaan 1: Dan 7:2 – 14
Injil: Luk 21:29 – 33

DALAM detik-detik peluncuran sebuah pesawat ruang Angkasa, biasanya akan dihitung mundur mulai dari angka tertentu menuju ke angka satu. Setelah itu pesawat akan diluncurkan.

Hitungan mundur sebagai penanda dimulainya peluncuran pesawat luar angkasa.

Di kesempatan lain, kita juga sering menyaksikan di televisi saat pergantian tahun. Presenter biasanya akan menghitung mundur untuk menandai dimulai hari atau waktu di tahun yang baru.

Tuhan Yesus kembali menyampaikan tema akhir zaman.

Pada zaman Yesus hidup di Israel, pohon ara adalah pohon buah yang sudah umum di seluruh Israel, khususnya di dekat Yerusalem. Sehingga perumpamaan dengan menggunakan fenomena perubahan pada pohon Ara tentu mudah dipahami oleh para pendengar-Nya saat itu.

Saat pohon Ara bertunas, maka pasti akan datang musim panas.

Sepertinya Yesus ingin mengatakan bahwa datangnya Kerajaan Allah adalah sepasti datangnya musim panas saat pohon Ara mulai bertunas.

Sama seperti presenter menghitung “Final Countdown”, bahwa pergantian tahun pasti akan datang.

Saat akhir zaman, Anak Manusia datang mengadili setiap orang berdasarkan iman dan perbuatannya. Ia pasti datang dan dalam kemuliaan-Nya.

Yesus meminta para pengikut-Nya untuk mempersiapkan diri agar layak di hadapan-Nya saat akhir zaman tiba.

Ia meminta pengikut-Nya tetap teguh dalam iman dan berpegang pada injil. Sebab semua yang ada di bumi akan binasa, namun sabda-Nya tetap hidup.

“Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.”

Daniel mendapatkan pengalaman rohani dalam sebuah penglihatan situasi akhir zaman. Ada dua macam penglihatan Daniel:

  • Kemunculan sekaligus penghakiman keempat binatang yang merupakan simbol empat kerajaan di bumi yang akan dihancurkan Allah.
  • Suasana istana surgawi, dimana anak manusia datang dengan awan-awan kepada takhta “Yang Lanjut Usia”. Anak manusia menerima anugerah kekuasaan dan kemuliaan kekal diatas segala bangsa.

Anak manusia adalah gambaran “umat Allah” yang akan diberi kemenangan di masa mendatang.

Pesan hari ini

Waktu terus berjalan, hitungan mundur “Final Countdown” barangkali telah dimulai. Akhir zaman akan tiba, dimana Kristus akan datang mengadili setiap manusia.

Persiapkan dirimu agar layak saat parousia itu datang.

We’re leaving together, say a farewell to the earth because we will have eternal life. Tetaplah pakai maskermu dan jaga jarakmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here