Turki Terus Lindungi 3,7 juta Warga Suriah

0
119 views
Penjaga Pantai Turki menyelamatkan para migran di Laut Mediterania (ANSA)

ANGKA-angka baru menunjukkan bahwa Turki memberikan kewarganegaraan kepada 194.000 warga Suriah, termasuk 84.000 anak-anak tahun lalu.

Menurut pemerintah Turki, ada sekitar 3,7 juta warga Suriah di bawah perlindungan sementara di Turki. Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan di beberapa daerah, populasi Suriah menyumbang lebih dari 25 persen dari total.

Turki telah menerima jutaan warga Suriah yang melarikan diri dari perang saudara sejak 2011.

Di banyak kamp di tenggara Turki, dekat perbatasan Suriah, para imigran awalnya disambut di bawah kebijakan pintu terbuka.

Dalam tiga tahun terakhir, hampir setengah juta warga Suriah telah secara sukarela dikirim kembali ke Suriah utara yang dikendalikan oleh tentara Turki.

Situasi migran putus asa

Di tempat lain, situasi migrasi di wilayah tersebut tetap putus asa. Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan PEKAN ini bahwa 245 migran ilegal dikembalikan ke Libya setelah diselamatkan di lepas pantai pekan lalu.

Pada PEKAN kedua Februari saja, 245 migran diselamatkan di laut dan dikembalikan ke Libya. IOM juga mengatakan bahwa sejak awal tahun, 34 migran ilegal tewas dan 87 lainnya hilang di lepas pantai Libya di jalur Mediterania Tengah.

Sejauh tahun ini, total 1.721 migran ilegal telah diselamatkan dan dikembalikan ke Libya, termasuk 150 wanita dan 53 anak-anak.

Libya adalah titik awal pilihan bagi para migran yang ingin menyeberangi Laut Mediterania ke pantai-pantai Eropa.

PS: Artikel ini ditulis oleh Nathan Morley (Vatican News).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here