Ultah THS ke-30, Frater Seminari Tinggi Ritapiret Adakan Atraksi Kolaboratif

0
2,204 views
Para angggota THS-THM (Foto : Frater Onuk Daris)

Memeringati ulang tahun ke-30 pencak silat Tunggal Hati Seminari (THS) dan ke-29 Tunggal Hati Maria (THM), para frater yang tergabung dalam organisasi THS-THM mengadakan atraksi Kolaboratif, di Aula Seminari Tinggi Santo Petrus Ritapiret, Maumere, Flores, NTT, Rabu (11/11/2015).

Turut menyaksikan acara ini antara lain Rektor Seminari Tinggi Ritapiret Romo Edwal Sedu Pr, para Romo pendamping, frater, suster biara Fransiskan serta umat sekitar kompleks komunitas Seminari Tinggi St. Petrus Ritapiret.

Acara dimeriahkan juga dengan hadirnya Kelompok Minat Teater Tanya dan Kelompok Minat St. Piter Animators. “Melalui kegiatan atraksi kolabortif ini, kami anggota THS-THM tidak menunjukkan suatu kehebatan pribadi. Kegiatan ini mau memberikan satu penghayatan reflektif dalam diri kami para anggota dan kita semua yang ada di sini tentang pentingnya suatu sikap kerendahan hati, cinta kasih, sabar, ketaatan, tidak sombong dan yang lebih utama adalah menghayati secara serius benih panggilan.” Ungkap Fr. Rino Werang dalam sambutan awal.

Peragaan jurus inti THS-THM, AISURTO, membuka acara oleh Fr. Earlic dan Fr. Ardus. Jurus ini memiliki makna teologis. Jurus A artinya Allahku adalah Bapaku, Jurus I artinya imamat sakramen, Jurus S artinya sempurnalah seperti BapaMu sempurna adanya, Jurus U artinya untuk bersyukur, Jurus R artinya Roh Kudus, Roh Allah dan Roh Kekuatan, Jurus T artinya tobat sakramen, Jurus O artinya Orang-orang kudus.

Ketua Organisasi THS-THM Ritapiret Frater Earlic Herbert menyebutkan pentingnya ikut organisasi THS-THM bagi para calon Imam Diosesan di Ritapiret dalam memperdalam kehidupan spiritual.

“Oraganisasi THS-THM ini telah mengajarkan kepada saya dan teman-teman frater akan nilai tanggungjawab, semangat pengorbanan, semangat disiplin, sikap kerendahan hati dan sabar serta semangat memaafkan. Nilai-nilai dari THS-THM ini sangat membantu kami ketika berada di medan TOP (Tahun Orientasi Pastoral) maupun menjadi imam nantinya. Selain itu, melalui organisasi THS-THM tubuh kami menjadi kuat berkat latihan fisik. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Romo Praeses Seminari Tinggi St. Petrus Ritairet dan para romo yang telah memberikan kepercayaan kepada organisasi THS-THM ini sebagai wadah untuk membentuk keperibadian para calon imam Diosesan”ujar Frater Earlic Hebert.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here