Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di KBRI untuk Takhta Suci

0
471 views
Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di halaman Kedubes RI untuk Vatikan dengan tiga suster Indonesia sebagai tim pengibar bendera. (Dok KBRI Vatikan)

PADA Senin, 17 Agustus 2020, pukul 09:30 waktu Italia, KBRI untuk Takhta Suci telah menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Diselenggarakan di halaman kantor KBRI untuk Takhta Suci. Pelaksanaan upacara ini cukup unik karena dilakukan tiap dua tahun sekali.

Alasannya, di Roma, Italia, terdapat dua KBRI, yakni KBRI Roma dan KBRI untuk Takhta Suci, sehingga upacara dalam rangka peringatan HUT proklamasi kemerdekaan RI disepakati untuk diadakan secara bergantian tiap tahunnya.

Peserta upacara dbatasi.
Tiga suster biarawati Indonesia menjadi petugas pengibar bendera.
Komandan Upacara oleh Kolonel Laut (E) Wachyad, Atase Pertahanan KBRI Roma.
Inspektur Upacara oleh Ibu Lina Yanti Dilliane, Koordinator Fungsi Sosial dan Budaya merangkap Kuasa Usaha Sementara KBRI untuk Takhta Suci.

Mengingat kondisi pandemi covid-19 yang masih terjadi dan diwaspadai di Vatikan dan Italia, terdapat penyederhanaan pelaksanaan upacara dari sisi tata urutan dan jumlah petugas dan pasukan.

Tata urutan upacara hanya meliputi pengibaran bendera negara yang diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, mengenang detik-detik Proklamasi yang diiringi dengan bunyi gong selama satu menit, pembacaan teks Proklamasi, pembacaan doa, dan aubade.

Tata urutan ini telah sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 20 UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan yang mengatur mengenai tata urutan minimum upacara HUT proklamasi kemerdekaan RI.

Sementara untuk petugas dan pasukan upacara, jumlahnya sangat dibatasi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam jajaran petugas upacara:

  • Ibu Lina Yanti Dilliane, Koordinator Fungsi Sosial dan Budaya yang merangkap sebagai Kuasa Usaha Sementara KBRI untuk Takhta Suci, bertindak sebagai Inspektur Upacara.
  • Kolonel Laut (E) Wachyad, Atase Pertahanan KBRI Roma, bertugas sebagai Komandan Upacara.
Para peserta upcara dengan tetap melakukan jaga jarak.
Berbusana dengan kostum tradisiona daerah masing-masing.
Antusiasme para suster.

Hal unik lainnya dalam penyelenggaraan upacara kali ini adalah turut sertanya para rohaniwan dan rohaniwati Katolik Indonesia sebagai petugas upacara, yakni tiga suster sebagai pasukan pengibar bendera dan dua frater sebagai petugas pembaca teks Proklamasi dan doa.

Selain itu, terdapat paduan suara dari para suster Suore Catechiste del Sacro Cuore yang mempersembahkan lagu Hari Merdeka dan Tanah Airku saat aubade.

Di antara undangan yang hadir, terdapat Ibu Esti Andayani, Dubes RI untuk Italia, merangkap Malta, San Marino, dan Siprus serta organisasi internasional FAO, IFAD, WFP, dan UNIDROIT; Bpk. JS George Lantu, Wakil Dubes RI untuk Italia; perwakilan staf KBRI untuk Takhta Suci dan KBRI Roma serta masyarakat dan rohaniwan Katolik Indonesia di Vatikan dan Italia.

Roma, 17 Agustus 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here