Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Valentinus Saeng CP Rilis Salib Indonesian Youth Day 2023

0
391 views
Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Valentinus Saeng CP rilis Salib IYD 2023 dan canangkan gerakan kirab Salib IYD 2023. (Komsos Keuskupan Sanggau)

BERTEMPAT di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Keuskupan Sanggau, ratusan Orang Muda Katolik (OMK) se Keuskupan Sanggau dari 26 paroki berkumpul bersama.

Mereka hadir dalam perayaan dan ekaristi syukur merilis Salib Indonesian Youth Day 2023 Keuskupan Sanggau.

26 paroki tersebut adalah Paroki Monumental Sekadau, Paroki Yesus Tersalib Nanga Taman, Paroki Santa Maria Bunda Allah Nanga Mahap, Paroki Hati Kudus Yesus Rawak, Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Paroki Santa Maria Diangkat ke Surga Sungai Ayak, dan Paroki Santo Petrus Rasul Monumental di Dekenat Salib Suci.

Selanjutnya, Paroki Salib Suci Beduai, Paroki Santo Yohanes Maria Vianney Entikong, Paroki Gembala Yang Baik Kuala Dua, Paroki Santo Paulus Rasul Balai Karangan, Paroki Salib Suci Noyan di Dekenat Santo Fransiskus Assisi.

Berikutnya adalah Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Batang Tarang, Santo Fransiskus Xaverius Meliau, Paroki Kristus Raja Sosok, Paroki Santo Petrus Kanisius Paroki Tayan, Paroki Kristus Raja Teraju-Toba, Paroki Tritunggal Maha Kudus Terentang di Dekenat Santo Thomas Aquinas.

Kemudian ada Paroki Santa Maria Tak Bernoda Pusat Damai, Paroki Santo Alfonsus Maria de Liguori Bonti, dan Paroki Santa Perawan Maria di Angkat ke Surga Balai Sebut di Dekenat Santa Maria Magdalena.

Uskup Keuskupan Sanggau di Kalbar: Mgr. Valentinus Saeng CP dengan para penari pendukung acara. (Vincentius Epifanus Tungai)

Kemudian selanjutnya ada Paroki Santa Maria Bunda Allah PT. Erna, Paroki Santa Maria Bunda Pengharapan Bunut, Paroki Santo Paulus Rasul Mukok, Paroki Santa Theresia dan Kanak-Kanak Yesus Lintang Kapuas.

Paroki Katedral Hati Kudus Yesus di Dekenat Santo Petrus menjadi tuan rumah acara ini.

Tantangan bagi OMK Keuskupan Sanggau

Misa syukur rilis Salib IYD ini dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Sanggau: Mgr. Valentinus Saeng CP bersama Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Sintang dan beberapa imam di Keuskupan Sanggau.  

Di antaranya yaitu Pastor Hiasintus Eko Pompang Pr, Pastor Gregorius Eko Pr, Pastor Iosephus Erwin OFMCap, Pastor Hernimus Latu Maing Pr, dan Pastor Maksi Alfried Sihabit CP.

Mereka semua menjadi imam konselebran.

Dalam pesannya saat homili, Mgr. Valentinus Saeng menyampaikan keprihatinannya kepada OMK saat ini. Karena banyak OMK setiap harinya semakin mudah tergoda akan hal-hal duniawi seperti penggunaan gadget yang berlebihan, hidup penuh gengsi, boros dalam mengatur keuangan dan semakin menurun keprihatinannya terhadap sesama.

“Saat ini OMK harus menjadi aktor utama untuk menjadi pembawa sukacita kepada sesama dan hadir lebih dekat di tengah-tengah sesama sebagai saudara yang saling menguatkan,” imbauan uskup.

“OMK juga haru selalu memberi diri bagi perkembangan Gereja dan masyarakat luas ,karena OMK adalah pembawa perubahan” tambahnya.

IYD I tahun 2012 di Keuskupan Sanggau

Mgr. Valen juga bercerita terkait sejarah Indonesian Youth Day (IYD).

Karena Indonesian Youth Day pertama kali dilaksanakan di Keuskupan Sanggau tahun 2012 lalu dan itu menjadi sejarah awal pertemuan OMK se-Indonesia.

Semenjak Indonesian Youth Day pertama kali dilaksanakan di Sanggau, OMK di Keuskupan Sanggau terus mengalami perkembangan dan terus bergerak sesuai dengan perkembangan zaman.

Kemudian Indonesian Youth Day II dilaksanakan di Keuskupan Manado; dan yang ketiga ini akan dilaksanakan di Keuskupan Agung Palembang.

“Semangat IYD ini harus mampu bergema hingga ke semua OMK hingga stasi-stasi; bukan hanya menjadi euforia semata, minimal semua OMK di stasi-stasi tahu dan ikut tersemangati melalui Indonesian Youth Day ini, maju terus OMK Sanggau,” tambah beliau di akhir homilinya.

Salib IYD dan kirab salib

Pemberkatan dan rilis Salib IYD Keuskupan Sanggau ini juga menjadi awal dimulainya kirab salib IYD ke paroki-paroki yang ada di Keuskupan Sanggau.

Dengan dibawa dan dimulainya kirab salib IYD ini, diharapkan juga semua OMK di paroki hinga stasi yang ada dapat ikut merasakan sukacita dan semarak sukacita IYD Tahun 2023.

Indonesian Youth Day 2023 di Keuskupan Agung Palembang akan dilaksanakan tanggal 26-30 Juni 2023.

Kontingen OMK Keuskupan Sanggau kali ini berjumlah 45 peserta; terdiri perwakilan OMK dari masing-masing paroki dan para pendamping OMK. Dalam hal ini tiap paroki mengutus perwakilan OMK-nya yang telah dipilih.

Ketua panitia pelaksana, Yuvenalis Krismono mengatakan bahwa IYD merupakan kabar gembira dan sukacita bagi seluruh OMK di Indonesia, khususnya OMK Keuskupan Sanggau.

“Kita mengenang saat IYD pertama kali dilaksanakan di Megatenda keuskupan kita ini, di mana kemudian yang kedua dilaksanakan di Keuskupan Manado dan nanti bulan Juni ini dilaksanakan di Palembang. Sebagai OMK Keuskupan Sanggau, kita sangat senang bisa ikut dalam IYD ini. Kiita telah mempersiapkan semuanya dengan matang,” tambah ketua panitia yang biasa disapa Mono ini.

Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Sanggau,:Pastor Flavianus Yosinarta Pr. (Vincentius Epifanus Tungai)

Merasakan sukacita bersama

Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Sanggau, Pastor Flavianus Yosinarta Pr juga memberi semangat kepada OMK Keuskupan Sanggau untuk bisa ikut merasakan sukacita dan semarak IYD yang membara.

Ia juga memberi penguatan bagi para peserta untuk bisa mempersiapkan diri dengan matang dan untuk yang belum diutus pada IYD ke III ini, harus juga menjadi pembawa sukacita dalam setiap tugas tanggungjawab kita masing-masing.

Terus menjadi OMK yang mandiri dan selalu memiliki semangat untuk menjadi OMK yang seratus persen Katolik dan seratus persen Indonesia. “Mari OMK Keuskupan Sanggau bangkit dan bersaksilah,” tutupnya dalam paparannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here