Yang Melebihi Tindakan Eksternal Lahiriah

0
71 views
Mencintai dengan kasih. (Ist)

KEMARIN Yesus menegaskan bahwa Dia datang tidak untuk meniadakan Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi, melainkan untuk menggenapinya (Matius 5:17). Hari ini, Yesus menunjukkan bagaimana para murid-Nya mesti menghayati hukum Tuhan.

Pertama, Dia menuntut agar mereka menghayati agama secara lebih benar daripada yang dilakukan oleh kaum Farisi dan ahli Taurat (Matius 5:20).

Bagaimana itu? Mereka itu menaati aturan-aturan secara lahiriah belaka. Mereka berpendapat bahwa makin taat berarti makin dekat kepada Tuhan.

Yesus mengajarkan supaya murid-Nya tidak bertindak demikian, melainkan menghayati nilai hukum itu, yakni kasih dan damai. Mereka bukan hanya tidak boleh membunuh, melainkan juga tidak boleh marah atau mengata-ngatai sesamanya (Matius 5:21-22).

Kedua, mereka mesti menghayati relasi dengan Tuhan dalam hubungan dengan sesamanya. Masalah dengan sesama mesti dibereskan lebih dulu sebelum menjalin relasi dengan Tuhan dalam ibadah dan mempersembahkan kurban kepada Tuhan (Matius 5:23-24). Bukankah perintah mencintai Tuhan sama dengan perintah mencintai sesama (Matius 22:37-39)?

Ketiga, berdamai dengan lawan selalu merupakan jalan terbaik (Matius 5:25-26). Yesus menganjurkan supaya para murid-Nya berdamai dengan lawan-lawannya. Kalau tidak mau berdamai, mereka akan membayar biaya yang amat mahal (Matius 5:26).

Yesus berbicara tentang perlunya mengakui dosa dan bertobat sehingga orang memperoleh keselamatan. Pada awal setiap perayaan Ekaristi, orang diajak untuk bertobat dan berdamai dengan Tuhan dan sesama. Mengapa? Karena dengan berdosa seseorang menjadikan dirinya musuh Allah.

Dengan kata lain, Yesus mengajak para murid-Nya mewujudkan kasih kepada Allah dan sesama secara nyata, antara lain dengan menciptakan relasi yang baik dan damai dengan sesamanya; lebih dari sekadar menaati aturan agama secara lahiriah.

Kamis, 13 Juni 2024
Peringatan Santo Antonius dari Padua
HWDSF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here