Yesus Bangkit atau Jenazah-Nya Dicuri?

0
119 views
Yesus bangkit. (Ist)

Bacaan 1: Kis 2:14. 22 – 32
Injil: Mat 28:8 – 15

MESKI dalam masyarakat Yahudi perempuan dipandang sebelah mata namun tidak demikian dengan Tuhan Yesus.

Dia sungguh memuliakan perempuan, mereka diberi kesempatan sebagai yang pertama untuk melihat kebangkitan-Nya lalu mendapatkan kepercayaan untuk mewartakan kebangkitan-Nya tersebut.

“Salam bagimu,” demikian salam-Nya kepada para wanita itu.

Mereka mendekati-Nya, memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya. Maka kata Yesus kepada mereka:

“Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

Namun hal sebaliknya justru terjadi pada diri para imam kepala. Meski mendapatkan laporan tentang kebangkitan-Nya oleh para penjaga kubur namun para imam itu memilih menyebarkan hoaks.

Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu dan berkata:

“Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.”

Padahal malaikat yang menjumpai para wanita itu telah mengatakan: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya.”

Mungkinkah malaikat bohong? Atau mungkinkah para murid mencuri jenazah Yesus dalam keadaan telanjang bulat? (bacaan Injil yang lain, ada informasi kain kafan yang terletak di lantai serta kain peluh yang tergulung rapi).

Kebohongan atau hoaks para imam kepala itu telah meracuni orang Yahudi dan orang lain yang tidak percaya kebangkitan-Nya, hingga hari ini.

Untuk mengimbangi hoaks tersebut, Petrus melaksanakan Amanat Agung-Nya untuk mewartakan kebangkitan-Nya.

Dalam acara Pentakosta Yahudi yang dihadiri oleh orang-orang seluruh dunia di Yerusalem, Petrus berkotbah. Ia mewartakan tentang Tuhan Yesus yang meski disalibkan, dan wafat di kayu salib namun telah dibangkitkan oleh Allah Bapa.

Dalam kotbahnya, Petrus juga mengambil kutipan dari Perjanjian Lama yaitu nubuat Raja Daud tentang Kebangkitan Mesias. Seraya menegaskan bahwa Petrus bersama para rasul lainnya adalah saksi hidup kebangkitan Yesus Kristus.

Pesan hari ini

Para imam kepala telah menebar hoaks bahwa jenazah Yesus dicuri oleh para murid-Nya. Namun yang benar adalah Yesus Kristus telah bangkit, tentang hal itu Maria Magdalena, Petrus dan para murid lainnya adalah saksi hidup.

“Kebenaran akan selalu mencari jalan untuk mengungkapkan dirinya. Tetaplah pakai maskermu dan jaga jarakmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here