Yesus, Sang Duta Besar Berkuasa Penuh

0
255 views
Yesus datang dari atas by Vatican News.

Puncta 29.04.21
Kamis Paskah IV
Yohanes 13: 16-20

DUTA berarti utusan. Seorang Duta Besar ditugaskan untuk mewakili atau merepresentasikan negaranya dalam kerjasama dengan negara lain.

Sebutan lengkapnya adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh. Ia adalah pejabat diplomatik yang diutus mewakili negaranya.

Duta Besar dalam Bahasa Latin nuncius atau kadang ditulis nuntius. Duta Besar Tahta Suci disebut Nuncio Apostolik. Seorang Nuncio biasanya merupakan Uskup Agung.

Nuncio Apostolik yang sekarang adalah Mgr. Piero Pioppo.

Sedang Dubes Indonesia untuk Tahta Suci yang sekarang adalah Bpk. Laurensius Amrih Jinangkung, asli dari Nanggulan, Kulonprogo. Lulusan Kolose de Britto ini menjabat Dubes RI untuk Vatikan sejak September 2020.

Seorang diplomat bisa ditolak atau diusir oleh negara yang ditempati. Istilahnya persona non grata. Tahun 2017 Malaysia mengusir Dubes Korea Utara sehubungan dengan kasus kematian Kim Jong Nam.

Seorang duta besar bertanggungjawab kepada yang mengutusnya.

Yesus berkata, “Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Ku-utus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku.”

Yesus adalah Sang Duta Besar. Ia diutus Allah untuk mewartakan dan menghadirkan kerajaan Bapa. Ia mewakili Allah Bapa untuk mewujudkan kasih kepada manusia.

Kini Yesus memanggil kita menjadi utusan-Nya. Kita ini adalah duta-duta yang diutus Kristus. Sekarang ini kita diajak menghadirkan kasih Kristus kepada sesama kita.

Sabda Yesus itu meneguhkan kita. Siapa pun yang menerima yang diutus, dia juga menerima Kristus. Bukan hanya Kristus saja, tetapi juga menerima Bapa yang mengutus Putera-Nya.

Mari kita menjadi duta-duta yang baik. Jangan sampai kita kena “persona non grata.” Kalau ada umat mulai geram menyanyikan lagu Gembala Pergilah Cepat-cepat itu sudah menjadi tanda “warning” bagi seorang duta.

Jadilah duta yang bijaksana.

Indahnya ombak di Pantai Klayar.
Berenang bersama menikmati senja.
Kita semua diutus jadi duta besar.
Mewartakan Kristus bagi semua bangsa.

Cawas, bersama kita berjalan….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here