Home BERITA Yesus Super Jumbo di Vũng Tàu, Vietnam (1)

Yesus Super Jumbo di Vũng Tàu, Vietnam (1)

0

BILA sekali waktu berkesempatan singgah di Ho Chi Minh City –nama baru untuk Saigon—jangan lupa mengunjungi Vũng Tàu. Di provinsi Baria Vũng Tàu inilah, panorama alam berupa deretan pantai yang mempesona menjadi daya tarik tersendiri. Namun, jangan lupa juga kalau di Vũng Tàu  ini juga ada daya pikat istimewa lain bagi umat katolik.

Patung Yesus super gede berdiri teramat gagah di puncak Bukit Nho,  tempat ziarah terindah di Viet Nam bagian selatan. Terletak  pada ketinggian sekitar 170 meter di atas permukaan laut, patung Yesus super jumbo  ini terlihat mencolok begitu kita datang dari Saigon mengendarai  mobil menuju Ha Long, jalan utama yang merupakan akses utama kota indah di ujung sebuah tanjung yang langsung berbatasan dengan Laut Cina Selatan ini.

Berangkat dari Saigon bersama Romo Joseph Huong Pr –seorang pastor diosesan asli Viet Nam— saya dibuat langsung terkesiap ketika menjelang memasuki Ha Long sudah tersaji di depan mata patung Yesus berukuran super jumbo ini. Ditambah dengan panorama pantai dan ruas jalan yang begitu lebar nan mulus, antuasiame  mengunjungi patung Yesus di Vũng Tàu ini semakin membuncah ria ketika Romo Joseph Huong memberitahu  saya harus rela berjerih payah sedikit bila ingin melihat keindahan patung Yesus super jumbo ini.

Pembangunan selama 9 tahun

Dari penuturan Romo Joseph Huong Pr, patung Yesus super  jumbo di Vũng Tàu  ini mulai dibangun tahun 1974. Perly  makan waktu kurang lebih 9 tahun untuk menyelesaikan patung setinggi 32 meter di puncak Bukit Nho ini. Menjadi sangat menarik menikmati panorama Vũng Tàu, karena ada tantangan fisik yang harus saya lalui: jalan kaki menyusuri tangga beruntun sejauh kurang lebih 500 meter.

Menurut penuturan Romo Joseph Huong Pr, perlu sedikitnya 30-45 menit menyusuri deretan 1000-an anak tangga yang menjulang tinggi menuju puncak Bukit Nho dimana Yesus Super Jumbo ini berdiri gagah. Memanglah benar sangat-sangat gagah. Rentang tangan Yesus dari kiri ke kanan berukuran 18,3 meter. Patung ini  berdiri kokoh di atas “panggung” beton setinggi 4 meter. Jadilah, postur patung Yesus super gede  di Vũng Tàu  ini menjadi pesona alam sekaligus tujuan wisata jiwa yang menarik dikunjungi.

Namun patung Yesus super gede di Vũng Tàu tak hanya menyajikan bangunan beton berupa patung semata, melainkan juga dua buah meriam ukuran besar sisa peninggalan Royal Australian Navy era Perang Viet Nam. Sebelum sampai di pelataran utama di puncak bukit dimana patung Yesus dan dua meriam ini bertengger, kita juga disuguhi pemandangan lain berupa patung Bunda Maria dengan Kanak-kanak Yesus.

Persis di platform beton  di bawah patung Yesus juga tersaji ornamen lukisan  relief  Perjamuan Terakhir. Kalau kaki masih kuat menanjak, jangan lupa pula meniti 133 anak buah tangga menyusuri ketinggian Patung Yesus ini. Lantaran di “dada” bagian dalam yang berongga besar itu menjadi panggung besar untuk meneropong ke luar hingga panorama alam Vũng Tàu  yang begitu indah  siap memanjakan mata kita.

Mengunjungi patung Yesus super gede di Vũng Tàu bisa ditempuh melalui dua cara. Mengendarai mobil selama kurang lebih 2.5 jam adalah pilihan paling gampang. Namun kalau tidak beruntung, perjalanan bermobil bisa menemui kendala karena jalanan keluar kota Saigon tak jarang dijebak kemacetan luar biasa. Pilihan lain adalah naik kapal super cepat jetfoil dari dermaga di Saigon menuju pelabuhan di Vũng Tàu. (Bersambung)

Royani Lim, bekerja di sebuah lembaga nirlaba di Jakarta.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version