Yogyakarta: Deklarasi Rakyat Ganjar-Mahfud untuk RI

0
151 views
Deklarasi Rakyat Ganjar-Mahfud untuk RI

BERIKUT ini materi siara pers dari Ketua Umum GAMARI

“Menyongsong Matahari Terbit”, Seruan dari Yogya, Fajar Baru Bersama Ganjar-Mahfud.

Pemilihan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo adalah keniscayaan sebagian besar rakyat Indonesia. Setelah 10 tahun Indonesia meletakkan fondasi pembangunan ekonomi dan stabilitas politik untuk melesat lebih tinggi lagi, kini saatnya upaya itu dilanjutkan dengan sekaligus mengupayakan perubahan mendasar di sektor lain. Yakni, pelembagaan penegakan hukum.

Rakyat tidak ingin pertumbuhan ekonomi mengurbankan penegakan hukum seperti di masa Orde Baru.

Kini saatnya rakyat memiliki harapan lebih baik pada pasangan terideal dalam pemilu pilpres 2024: Ganjar-Mahfud.

Sore tadi, Rabu (19/10) pukul 15.00 WIB berbagai komponen gerakan rakyat Yogyakarta yang terdiri dari aktivis, seniman, kaum profesional, buruh, mahasiswa akan mendeklarasikan Ganjar Pranowo dan Mohammad Mahfud MD sebagai pasangan capres 2024-2029 di halaman DPRD DIY Malioloboro Yogyakarta.

Deklarasi ini mengandung sejumlah harapan.

Pertama pasangan Ganjar Mahfud merupakan kombinasi pasangan paling ideal saat ini untuk memimpin NKRI ke depan. Pengalaman Ganjar Pranowo di parlemen RI dan Gubernur Jawa Tengah membuatnya paham dan mengerti tentang penyelenggaraan negara.

Kedua, begitu pun dengan sosok Mahfud MD, dasar keilmuannya sebagai pakar hukum yang pernah menghantarkannya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dan saat ini menjabat Menkopolhukam RI menempatkan Mahfud sebagai pribadi berkarakter sangat berintegritas. Kami berharap pasangan Ganjar-Mahfud menjadi ujung tombak tiga persoalan bangsa mendasar bangsa ini yakni kemiskinan dan kesenjangangan sosial, korupsi, dan radikalisme.

Ketiga sebagaimana sasanti para leluhur Nusantara, Jaya Jaya Wijayanti Rahayu Kamulyaning Jagad, kepemimpinan Ganjar-Mahfud dapat mewujudkan kemakmuran rakyat dan kejayaan negeri Nusantara di kancah jagad internasional.

Deklarasi akan diisi dengan orasi tokoh masyarakat dan pentas seni pertunjukan. Penari dan koreografer senior Bimo Wiwohatmo akan mengawali prosesi deklarasi dengan membawakan tarian berjudul Sangkakala yang artinya menyongsong matahari terbit. Harapan fajar baru bersama Ganjar-Mahfud.

Prosesi deklarasi Ganjar-Mahfud disimbolkan dengan peletakan dua buah keris pusaka yakni keris Nogososro kinatah emas kamarogan tangguh Majapahit dan keris Singgo Barong kinatah emas kamarogan tangguh Majapahit.

Keris Nogososro mewakili Pak Ganjar sebagai Sang Hyang Antaboga. Keris Singgo Barong dengan nama Kyahi Simo Nuswantoro mewakili Mahfud MD.

Dalam tradisi upacara adat Jawa, kehadiran sosok laki-laki dalam sebuah perhelatan penting kerap disimbolkan dengan adanya tosan aji keris.

Selain keris, turut disertakan dua kain batik motif Wahyu Tumurun sebagai simbol diterimakannya mandat keduanya sebagai capres dan cawapres 2024-2029.

Salam Budaya
Nusantara Jaya
Merdeka.

Yogyakarta, 18 Oktober 2023
Widihasto Wasana Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here