Ziarah ke Gua Maria Bukit Kanada di Rangkasbitung, Lebak, Banten (1)

0
1,355 views
Ziarah ke Gua Maria Bukit Kanada di Rangkasbitung, Lebak, Banten. Kata "Kanada" sebenarnya merupakan singkatan dari nama desa lokal yakni Kampung Narimbang Dalam. (Mathias Hariyadi)

BULAN Rosario – Oktober 2022. Kami sengaja ingin mengisinya dengan kegiatan berziarah. Dengan  berdoa hening di tengah keriuhan ribuan umat Katolik yang juga datang untuk berziarah, mengikuti Perayaan Ekaristi di Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Kampung Narimbang Dalam alias Kanada

Menurut penuturan Sr. Atanasia SFS yang berkarya di RS Misi Lebak -lokasinya tak jauh dari Gua Maria Bukit Kanada- kata “Kanada” sering kali membuat bingung.

Aselinya, kata suster asal Pandeglang ini, kata “Kanada” itu sebenarnya merupakan singkatan dari nama dusun di mana bukit itu berada. Yakni, Kampung Narimbang Dalam yang kemudian disingkat menjadi “Kanada”.

Pohon beringin dan kolam ikan

Pohon beringin besar dengan akar-akarnya yang jatuh menjuntai ke bawah memberi aksentuasi tersendiri di lokasi doa di mana para peziarah bisa mendaraskan doa. Persis di depan gua Maria menghadap ke depan.

Di sisi bawah ada sebuah lolam berisi ikan-ikan kecil. Inilah tempat lokasi terapi kaki agar sel-sel kulit mati konon akan “dimakan” oleh kerumunan ikan dan kemudian secara alamiah sel-sel kulit bisa diremajakan lagi.

Arel parkir mobil dan motor tersedia sangat luas di kompleks peziarahan rohani ini. Bahkan bus-bus besar juga bisa parkir di sini.

Tersedia juga sejumlah tempat untuk sekedar makan-minum dengan menu khas setempat nasi pecel dengan lauk sate bandeng.

Kredit: Titch TV, 23 Oktober 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here