Pemberkatan dan Peresmian Biara Baru OSF Magdalena Daemen bersama Kardinal dan Jenderal OSf

0
1,073 views
Kardinal dan Suster Jendera OSF tengah melakukan pengguntingan pita tanda memasuki kompleks gedung baru Biara OSF Magdalena Daemen di Kawasan BSB (Bukit Semarang Baru) -- Sr. Lucia OSF

SABTU tanggal 28 Juli 2018, Kompleks Sekolahan Marsudirini BSB menjadi ramai, karena akan diadakan acara pemberkatan dan peresmian Rumah Biara bernama Biara OSF Magdalena Daemen. Lokasinya ada di daerah Kawasan BSB (Bukit Semarang Baru) yang nantinya akan dipakai untuk para suster yang  sudah lanjut usia.

Acara peresmian ini diawali dengan Perayaan Ekaristi Kudus yang dihadiri oleh sekitar 300-an orang, terdiri dari para suster OSF perwakilan dari seluruh Indonesia, para romo, bruder, suster yang ada di Kota Semarang, Sahabat OSF, dan staf jajaran Pemerintahan Kecamatan Ngaliyan Semarang.

Ikut hadir Uskup Emeritus Keuskupan Purwokerto Mgr. Julianus Sunarka SJ, Suster Jenderal OSF dari Roma (Sister Deborah Lockwood) dan Anggota Dewan Jenderal dari Indonesia (Sr. M. Clara Ruoh OSF).

Bapak Kardinal Julius Darmaatmadja SJ berama para imam memimpin Perayaan Ekaristi menandai keseluruhan prosesi permberkatan dan peresmian gedung rumah biara baru: Kardinal dan Suster Jenderal OSF tengah melakukan pengguntingan pita tanda memasuki kompleks gedung baru: Biara OSF Magdalena Daemen di Kawasan BSB (Bukit Semarang Baru) — Sr. Lucia OSF.
Berkat penutup dari selebran utama: Bapak Kardinal Julius Darmaatmadja SJ.
Didampingi Romo Vikep Semarang, Bapak Kardinal mereciki sejumlah gambar berpigura dengan foto.

 

Kehadiran Jenderal dan Asisten  Jenderal OSF dari Roma ini merupakan sebuah dukungan untuk suster-suster di Indonesia.

Pukul 10.00 WIB, acara dibuka dengan misa konselebrasi yang dipimpin oleh Bapak Kardinal Julius Darmaatmadjaj SJ bersama Vikaris Episkopal Semarang (Romo Antonius Budi Wihandono Pr) Romo Eduardus Didik Cahyono SJ selaku Pastor Paroki Bongsari, Romo Herman Yoseph Singgih Sutoro Pr (Pastor Paroki Katedral Romo),  Romo Y. Risdiyanto MSF dan Romo H. Eko Riyanto MSF.

Kehadiran Suster Jenderal OSF dari Roma Sister Deborah Lockwood dan Anggota Dewan Jenderal dari Indonesia Sr. M. Clara Ruoh OSF memberi arti tersendiri bagi peresmian biara baru ini.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Kardinal menyampaikan proficiat atas diresmikannya Biara Magdalena Daemen. Beliau juga berharap bahwa biara ini dapat menjadi tempat yang nyaman untuk suster-suster OSF yang akan tinggal di sini, khususnya bagi suster OSF yang lanjut usia yang sudah banyak berjasa bagi Gereja dan Kongregasi.

Suster senior yang sudah sepuh akan menikmati masa pensiun mereka di gedung biara baru ini.

Karena itu, di hari tuanya kepada para suster senior OSF itu telah disiapkan tempat yang bagus, nyaman, asri, serta dilengkapi sarana dan prasarana memadai. Taruhlah itu ada taman yang luas, kolam, dan lainnya.

Makna hidup religius

Bapak Kardinal juga bicara mengenai makna hidup religius. “Saya berharap dengan adanya biara baru ini, para suster diajak untuk bersyukur terus-menerus. Itu karena Tuhan telah baik dan sungguh baik, sehingga boleh tinggal di biara yang bagus ini dan mampu menjadi berkat bagi orang lain dan menunjukkan jalan pada keselamatan,” pungkasnya.

Vikep Semarang Romo Budiwihandono Pr.
Bapak Kardinal dan Suster Jenderal OSF bersiap memotong pita tanda memasuki gedung baru.
Didampingi Provinsial Kongregasi OSF Sr. M. Rosali Prime Hatmani OSF, Suster Jenderal OSF membubuhkan tandatangannya.
Bapak Kardinal dan Suster Jenderal OSF membubuhkan tandatangannya di batu prasasti peresmian.
ME POSUIT: Suster Jenderal OSF dan Bapak Kardinal bersama-sama membubuhkan tandatangan mereka di atas batu prasati.
Suster Jenderal OSF Sister Deborah Lockwood membububukan tandatanganya disaksikan oleh Provinsial OSF Sr. Rosali Prime Hatmani dan Bapak Kardinal. Tampak dari kejauhan Uskup Emeritus Keuskupan Purwokerto Mgr. Julianus Sunarka SJ.
Biara OSF Magdalena Daemen.

Sebelum berkat penutup, ada beberapa sambutan dari , Suster Provinsial OSF (Sr. M. Rosali Prime Hatmani OSF) dan terakhir oleh Suster Jenderal OSF (Sister Deborah Lockwood) yang disampaikan dengan bahasa Indonesia.

Setelah Perayaan Ekaristi Kudus berakhir,  acara dilanjutkan dengan penandatanganan batu prasasti pemberkatan oleh Bapak Kardinal Julius Darmaatmadja SJ dan baru peresmian oleh Suster Jenderal OSF Sister Deborah Lockwood.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan potong rangkaian bunga melati dilanjutkan dengan ramah-tamah oleh seluruh umat yang hadir di Ruang Rekreasi.

Kardinal mericiki patung dengan air suci.
Pemberkatan foto dalam pigura.
Jelang prosesi permberkatan.
Prosesi permberkartan.
Pemotongan tumpeng oleh Suster Jenderal OSF dan kemudian diberikan kepada Suster Provinsial OSF Sr. M. Prime Rosali Hatmani dan disaksikan oleh Anggota Dewan Provinsi OSF Sr. M. Susana Heri Susanti OSF.
Bangunan baru Biara St. Magdalena Daemen.
Resepsi bersama para undangan.
Bangunan baru Biara St. Magdalena Daemen.
Suster Deborah Lockwood, Superior General OSF, bersama para pejabat pemerintah lokal.

Kredit foto: Sr. Lucia OSF -Sekretaris Kongregasi OSF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here