Home KITAB SUCI & RENUNGAN HARIAN Renungan Harian Gereja Katolik Sumber Keselamatan

Gereja Katolik Sumber Keselamatan

0
58 views
Salib Kristus

Bacaan 1: Kis 12:24-13:5a

Injil: Yoh 12:44-50

Dalam Katekismus Gereja Katolik no 946 dikatakan bahwa Gereja Katolik itu kudus dan merupakan persekutuan para kudus. Persekutuan orang-orang kudus baik yang masih hidup (oleh pembaptisan) maupun yang sudah meninggal. Persekutuan orang-orang yang mengimani Yesus adalah Tuhan.

Maka Gereja adalah “Tubuh Mistik” dari Kristus dimana Yesus Kristus adalah Kepala dari Gereja Katolik. Gereja Katolik juga disebut sebagai umat Allah.

Karena Yesus Kristus adalah Juru Selamat umat manusia dan Ia adalah Kepala dari Gereja, maka bisa dikatakan bahwa Gereja Katolik itu sumber Keselamatan dari Allah. Yesus adalah Firman yang telah menjadi Manusia, hidup diantara manusia di dunia.

Yesus adalah Allah yang berinkarnasi menjadi Manusia.

Jadi, barangsiapa melihat Yesus maka ia melihat Allah.

Tuhan Yesus sendiri yang bersabda tentang hal itu. Dia datang ke dunia diutus oleh Allah Bapa-Nya untuk menjadi “Terang Dunia”, supaya manusia tidak hidup dalam kegelapan (dosa).

“Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan *barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.” Demikian sabda-Nya.

Sebagai “Terang Dunia”, Yesus pertama-tama mewartakan kepada para murid tentang apa yang telah diwartakan oleh Bapa kepada-Nya. Lalu, mereka melanjutkan karya pewartaan-Nya kepada seluruh umat manusia.

Lewat penunjukan langsung dari Allah Roh Kudus, maka Barnabas dan Paulus mendapat tugas misi pewartaan kepada bangsa-bangsa non Yahudi, terutama di wilayah Asia (Turki saat ini) dan Eropa, dimulai dari Antiokia Syria dan Siprus.

“Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

Demikian kata Roh Kudus kepada para nabi dan pengajar iman Kristus di Antiokhia Syria (Turki bagian Selatan saat ini), pusat kekristenan pertama di luar Yerusalem.

Misi yang sama untuk semua umat Katolik sebagai umat Allah.

Pesan hari ini

Umat katolik sebagai anggota “Tubuh Kristus” memiliki tugas pengutusan menjadi terang bagi orang-orang disekitarnya, terutama bagi mereka yang belum mengenal Kristus.

Gereja Katolik menjadi sumber Keselamatan, karena Yesus adalah Kepalanya.

“Mereka yang berada dalam lingkaran Kristus tidak meragukan kasih-Nya, maka orang-orang di lingkaranmu seharusnya tidak meragukanmu.”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here