Hidup Berkelimpahan dalam Yesus

0
53 views
Gembala yang baik

INJIL hari ini (Yohanes 10:1-10) berbicara tentang Yesus sebagai pintu dan gembala bagi domba-domba. Gembala membutuhkan pintu dan keduanya bekerjasama bagi kesejahteraan domba-domba.

Pada waktu malam, pintu melindungi domba-domba dari pencuri dan pemangsa. Sedang pada siang hari, membuka jalan bagi domba-domba untuk mencari padang rumput.

Dalam diri Yesus, orang menemukan gembala dan pintu. Dia menjaga dan melindungi domba-domba-Nya dari bahaya dan menyediakan makanan berlimpah-limpah bagi mereka. “Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan” (Yohanes 10:10).

Berbeda dari orang-orang Farisi yang membenci dan mengusir orang yang tidak mau menuruti ajaran mereka. Orang Farisi mengusir orang buta sejak lahir yang Yesus sembuhkan (Yohanes 9). Mereka juga membuat orangtuanya ketakutan (Yohanes 9:22).

Lalu, apa artinya Yesus memberikan hidup yang berkelimpahan?

Pertama, dalam Yesus orang menemukan hidup (Yohanes 1:4). Kedua, dalam Yesus, orang mempunyai hidup yang kekal (Yohanes 3:16). Ketiga, dalam Yesus, orang mengalami kebangkitan dan kehidupan (Yohanes 11:25). Akhirnya, orang memperoleh kehidupan dengan percaya kepada-Nya (Yohanes 20:31).

Dalam injil Yohanes, hidup dan kehidupan kekal itu bukan hanya tentang kehidupan setelah kematian. Tetapi pada saat ini mengetahui Allah yang benar dalam Yesus dan mengenal suara gembala yang peduli kepada domba-domba-Nya. Orang menemukan hidup demikian dalam komunitas Kristiani yang menberikan rasa aman, kasih Yesus, dan makanan jasmani-rohani.

Yesus memberikan hidup berkelimpahan bukan seperti yang pengkhotbah tentang kemakmuran janjikan. Khotbah-khotbah demikian membuahkan kemakmuran material bagi pengkhotbahnya dan bukan bagi pendengarnya. Mereka tidak menuntun orang melalui dan menuju kepada Yesus; bagaikan pencuri yang masuk dengan melompat pagar (Yohanes 10:1.5).

Apakah kita mengenal suara gembala yang menuntun lewat pintu menuju hidup berkelimpahan? Atau kita mendengarkan pencuri-pencuri yang menjanjikan hidup berkelimpahan yang palsu?

Senin, 22 April 2024
HWDSF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here