RUN4U ke-6 2024 PUKAT KAJ untuk Lansia dan Pengidap HIV/AIDS

0
35 views
Kegiatan jumpa pers untuk sosialiasi kegiatan RUN4U ke-6 tahun 2024 PUKAT KAJ. (Ist)

KELOMPOK Profesional dan Usahawan Katolik Keuskupan Agung Jakarta (PUKAT KAJ) kembali menyelenggarakan Run4U, acara charity run. Ingin mengajak masyarakat hidup lebih sehat. Dengan berolahraga dan ikut serta menggalang donasi gerakan Kemanusiaan.

Run4U ke-6 tahun 2024 mengangkat tema “Solidaritas dan Subsidiaritas untuk Semua”. Dengan fokus meningkatkan kepedulian dan belarasa bagi penyintas HIV/AIDS dan lansia.

Arah Dasar Pastoral KAJ

Tema ini diangkat dari Arah Dasar KAJ 2024: Solidaritas dan Subsidiaritas yang merupakan dua prinsip Ajaran Sosial Gereja Katolik.

  • Solidaritas memiliki prinsip yang mengajari kita saling peduli, mendukung dan bertanggungjawab satu sama lain sebagai anggota masyarakat.
  • Subsidiaritas adalah prinsip bahwa keputusan dan tanggung jawab harus diberikan kepada tingkat yang lebih rendah dalam masyarakat; sejauh mungkin. Prinsip subsidiaritas menghormati otonomi dan tanggungjawab individu, keluarga, dan komunitas lokal.

Tema Arah Dasar KAJ tahun ini adalah Solidaritas dan Subsidiaritas. Bertujuan menginpirasi dan mengajak semua pihak -sesuai posisi dan tanggungjawabnya- untuk bertindak bagi dirinya sendiri maupun kepada orang banyak dan masyarakat luas,” kata Uskup KAJ Ignatius Kardinal Suharyo.

Gereja selalu mendorong umat Katolik dan masyarakat untuk mengingat dan menyebarkan kasih bagi saudara-saudara lainnya. “KAJ sangat mengapresiasi dan mendukung PUKAT KAJ melalui Run4U yang mengangkat isu bagi ODHA dan lansia; mengajak masyarakat peduli pada kedua kelompok rentan ini melalui kegiatan olahraga bersama,” jelas Kardinal.

Sebagai kepanjangan tangan KAJ, PUKAT KAJ mendukung program KAJ; sesuai arah dasar yang ditetapkan. Tahun ini, temanya adalah solidaritas dan subsidiaritas. Karenanya, program Run4U 2024 mengangkat tema tersebut; dengan mendukung lembaga sosial yang menaungin dan melakukan pelayanan bagi ODHA dan lansia,” kata Ketua PUKAT KAJ Paulus Ario Birowo.

Misi mulia

  • Donasi Run4U 2024 ditujukan mendukung pelayanan bagi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Unit Ruang Carlo RS St Carolus Jakarta.
  • Pelayanan lansia di Rumah Atmabrata Cilincing.
  • Pelayanan Lansia di Sasana Tresna Wherda Caritas di Bekasi.
  • Karya sosial PUKAT KAJ lainnya.

Ruang Carlo RS Carolus saat ini melayani lebih dari 3.800 penderita virus HIV. Mereka datang berobat secara teratur. Melalui pelayanan unit ini, kami berharap dapat memberi kesempatan kepada ODHA melalui pengobatan, pengendalian risiko dan hidup sehatnya untuk mewujudkan kembali harapan hidup yang bermakna,” ungkap Ketua Pokja HIV RS St Carolus dr. Emon Winardi Danudirgo, SpPD.

“Selain itu, kami juga menyediakan pemeriksaan HIV dan infeksi menular seksual, konseling dan pengobatan. Oleh karena itu kami menyambut baik inisiasi PUKAT KAJ yang melibatkan Ruang Carlo sebagai sasaran donasi Run4U 2024. Kami berharap melalui kegiatan ini, informasi mengenai Ruang Carlo dapat disebarkan pada sesama umat Katolik dan masyarakat luas,” ungkap dokter spesialis ahli penyakit dalam ini.

Ruang Carlo memberikan layanan bagi mereka yang berisiko dan pasangannya; dari berbagai latar belakang, rentang usia, dan kondisi kesehatannya. Termasuk juga pemeriksaan Kesehatan pranikah dan ibu hamil. Selain pemeriksaan HIV dan infeksi menular seksual. Ruang Carlo menyediakan layanan konseling untuk menunjang pengobatan yang berkelanjutan.

Sementara, Rumah Atmabrata di Cilincing, Jakarta Utara, adalah rumah lansia yang tidak memiliki keluarga atau ditinggalkan oleh keluarganya. Tujuan utama adalah memberiperhatian dan kasih bagi para lansia sampai akhir hidupnya. “Kami yakin para lansia sebagai generasi pendahulu adalah bagian dari masyarakat yang sangat berharga dan layak mendapatkan bantuan dan kesejahteraan,” kata Petrus Partono.

Sasana Tresna Wherda Caritas menyelenggarakan program- program penampungan, perawatan dan pendampingan bagi lansia di panti maupun sekitar panti. Lansia yang tinggal dan dilayani di panti terdiri dari 29 orang yang diharuskan melakukan bedrest maupun yang mandiri dan bisa beraktivitas sendiri.

Para anggota panitia kegiatan RUN4U ke-6 tahun 2024 PUKAT KAJ. (Ist)

Yayasan Bina Bhakti menjadi lembaga payung hukum bagi Sasana Tresna Wherda Caritas; dengan misi menyediakan tempat dan kasih bagi para lansia sehingga mereka dapat menghabiskan hari tua mereka dengan lebih bermakna.

“Melanjutkan karya sosial alm R. Supardi di mana banyak dari lansia yang kami bantu telah ditinggalkan atau dilupakan sungguh tidaklah mudah. Selain itu, kondisi bangunan panti bagi para lansia pun juga sudah harus mulai diperhatikan, karena ada yang rusak karena kebanjiran dan dimakan usia sehingga renovasi pun sudah harus dilakukan,” kata Ketua Yayasan Bina Bhakti Theresia Esti Wahyuningrum.

PUKAT KAJ mengajak semua saudara-saudara umat Katolik dan juga masyarakat berpartisipasi dalam Run4U. Selain itu kami juga mengundang donatur dan sponsor ikut serta dalam menyukseskan Run4U 2024. Dengan semangat solidaritas dan subsidiaritas bagi semua, kami ingin semua kalangan masyarakat dapat bergandengan tangan bersama dan hidup dengan sejahtera,” Ketua Panitia Run4U Ken Prita.

Catat tanggal mainnya

Run4U ke-6 tahun 2024 akan diselenggarakan hari Minggu 2 Juni 2024 di QBIG BSD City. Acara ini terbuka bagi masyarakat umum. Pendaftarannya: 15 Maret-30 April 2024.

Selain lari bersama, berbagai acara lain akan diselenggarakan yakni panggung musik, acara zumba bersama, bazaar kuliner, foto booth, games dan juga pembagian doorprize.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui website run4u.aktivin.id dengan harga sebagai berikut :

Early Bird tanggal 15–31 Maret 2024

  • 2.5 km: Rp. 199.000,00.
  • 5 km: Rp. 249.000,00.
  • 10 km: Rp. 249.000,00.

Harga Normal tanggal 1-30 April 2024

  • 2.5 km: Rp. 249.000,00.
  • 5 km: Rp. 299.000,00.
  • 10 km: Rp. 299.000,00

Akses publik

  • Platform online berkaitan Run4U dapat diakses melalui https://lintr.ee/Run4u_ID
  • Run4U instagram: @run4U_id.
  • PUKAT KAJ Instagram: @pukat_kaj
  • Narahubung: 0812-1433-6678; pukatjakarta@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here