Tuaian Banyak, Butuh Mesin Combine Harvester?

0
606 views
Ilustrasi: Padi siap dipanen

Puncta 11.07.23
PW. St. Benediktus, Abas
Matius 9: 32-38

MUSIM panen padi di sawah sudah selesai. Kini orang menuai padi tidak dilakukan beramai-ramai seperti zaman dulu. Satu petak sawah cukup dipanen pakai mesin combine harvester yang dioperasikan tiga orang saja. Bisa selesai kurang dari satu jam.

Kemampuan kerja mesin panen padi tersebut menggabungkan kegiatan potong-angkut-rontok-pembersihan-sortasi-pengantongan dalam satu proses kegiatan yang terkontrol.

Kalau zaman dulu dibutuhkan banyak tenaga untuk memproses dari panen di sawah sampai menjadi gabah siap giling.

Tuaian banyak, sawah berhektar-hektar tidak jadi masalah karena ada mesin combine harvester yang serba cepat, praktis dan efisien.

Berbeda dengan situasi Gereja. Jumlah umat dan paroki semakin bertambah namun pekerja-pekerjanya semakin berkurang.

Sekarang musim pendaftaran anak sekolah. Ada banyak sekolah umum yang kesulitan mencari calon anak didik. Di seminari pun hal yang sama terjadi. Kalau sekolah umum saja sulit, apalagi sekolah khusus menjadi imam, bruder dan suster.

Makin sedikit anak-anak muda yang masuk ke seminari. Sedangkan jumlah umat atau tuaian makin banyak, sedangkan pekerjanya tidak sebanding.

Hal inilah yang memprihatinkan Tuhan Yesus. Ia tergerak hati-Nya oleh belas kasihan melihat umat seperti domba yang tidak punya gembala.

Maka Yesus mendorong kita untuk, “mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.”

Artinya kita diajak berdoa kepada Tuhan agar menggerakkan dan memanggil para pekerja di ladang-Nya.

Kalau pekerjaan panen padi bisa digantikan mesin combine harvester, tetapi kalau melayani umat pasti tidak bisa digantikan dengan mesin. Harus ada orang-orang yang bersedia menjadi pekerja-pekerja melayani Gereja.

Para orangtua dimohon membuka hati agar merelakan putera-puterinya menjadi pelayan Tuhan. Kita semualah yang membutuhkan pelayanan, maka kita juga yang harus menyediakan tenaga bagi kebutuhan rohani kita.

Maukah anda menyediakan diri untuk ikut menjadi penuai-penuai di ladang Tuhan? Siapkan anda jika Tuhan memanggil untuk bekerja di ladang-Nya?

Mesin padi namanya combine harvester,
Bekerja cepat mengganti tenaga manusia.
Mari pemuda-pemudi jadi imam bruder suster,
Bekerja di ladang Tuhan dengan sukacita.

Cawas, mintalah kepada tuan yang punya panenan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here