Uskup TNI-Polri Ignatius Kardinal Suharyo Kunjungi Umat Katolik di Jajaran TNI-Polri di Keuskupan Agung Pontianak (1)

0
178 views
Ilustrasi: Uskup TNI-Polri Kardinal Suharyo kunjungi umat Katolik di jajaran TNI-Polri di wilayah pastoral Keuskupan Agung Pontianak. (Ist)

DIDAMPINGI Uskup Keuskupan Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, Uskup TNI-Polri (Ordinariatus Castrensis Indonesia/OCI) Ignatius Kardinal Suharyo memimpin Perayaan Ekaristi.

Diikuti 78 anggota TNI AD beserta keluarga, 102 polisi Polda Kalbar beserta keluarga, 24 anggota Pangkalan TNI AU Supadio beserta keluarga, dan 2 anggota Lantamal XII Pontianak beserta keluarga.

Perayaan Ekaristi istimewa ini berlangsung hari Selasa 14 Maret 2023.

Uskup Keuskupan Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus mengalungkan selendang khas Dayak kepada Uskup TNI-Polri Ignatius Kardinal Suharyo. (Ist)

Cinta tanahair dibuktikan oleh para pahlawan nasional Katolik

Dalam homilinya, Ignatius Kardinal Suharyo menyampaikan gagasannya tentang panggilan hidup Kristiani menuju kesempurnaan hidup.

Salah satu bentuknya adalah menghidupi rasa cinta akan tanahair, berjuang terus melanjutkan warisan iman yang telah ditorehkan oleh pahlawan nasional Katolik:

  • Dari jajaran TNI AD Kolonel Ignatius Slamet Riyadi; 
  • Dari jajaran TNI AL Komodor Yos Sudarso; 
  • Dari jajaran TNI AU Agustinus Adisutjipto;
  • Dari jajaran Kepolisian RI Karel Satsuitubun. 

“Ketiga pahlawan nasional dan satu  pahlawan revolusi ini melengkapi dua pahlawan nasional dari rohaniwan Katolik: Mgr. Albertus Soegijapranata SJ dan tokoh awam Katolik: Ignatius Joseph Kasimo,” kata Kardinal Suharyo. 

Menurut Uskup Keuskupan Agung Jakarta ini, kekuatan pemberian hidup jiwa raga bagi kedaulatan dan keselamatan bangsa dan negara sungguh menjadi teladan; sekaligus menjadikan umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri siap mengabdi dan berbakti untuk bangsa dan negara.

Uskup TNI-Polri Ignatius Kardinal Suharyo bersama tuan rumah Mgr. Agustinus Agus dan para anggota TNI-Polri Katolik yang dinas di wilayah pastoral Keuskupan Agung Pontianak. (Ist)
Sejenak berpose bersama Uskup TNI-Polri Kardinal Suharyo dan Romo Yos Bintoro Pr. (Panitia)

Menghidupi iman kristiani di lingkungan kerja

Dalam taklimat sebelum diakhirinya Perayaan Ekaristi, Wakil Uskup OCI Kolonel Yos Bintoro Pr mengharapkan peran serta umat Katolik TNI dan Polri menghidupi paguyuban beriman di dalam wadah pelayanan OCI; ikut mendukung rawat rohani, bimbingan dan pembinaan mental rohani Katolik di lingkungan TNI dan Polri yang berada di wilayah pastoral Keuskupan Agung Pontianak.

“Agar setiap personel TNI dan Polri dapat melaksanakan tugas yang baik dengan berpedoman pada kekuatan bimbingan Tuhan, makin cinta tanahair dan semakin melaksanakan tugas pokok  ungsi dengan mengedepankan semangat belarasa dan jiwa korsa atau l’esprit de corps,” kata imam diosesan KAJ yang biasa dipanggila Romo Yote.

Ia merupakan tantara sungguhan, karena lulusan Sekolah Prajurit Perwira Karir tahun 1997 dengan pangkat Kolonel TNI AU.

Sesudah misa diadakan acara ramah-tamah dan sambung rasa umat TNI Polri dengan Kardinal Suharyo serta para pendamping/rombongan Uskup TNI-Polri. Mereka adalah:

  • Brigjen (Purn) Pontianus Gunung Sarasmoro (TNI AD).
  • Kombes Pol FX Surya Kumara (Polri).
  • Letkol Laut (S) Yules Verne (TNI AL).
  • Kapten Caj Robertus Ardedi (TNI AD). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here