12 Th Kongregasi SMFA Mandiri: 7 Suster Yunior Perbarui Kaul dan Tugas Pengutusan Baru (5)

0
166 views
Para suster yunior SMFA yang baru saja mengucapkan kaulnya dan mendapat tugas pengutusan di tempat berbeda-beda. (Sr. Kresentia Yati SMFA)

INILAH nama-nama tujuh orang suster yunior anggota Kongregasi Suster Misi Fransiskan Santo Antonius (SMFA) yang pada tanggal 6 Februari 2019 lalu memperbarui kaul-kaulnya sebagai religius SMFA.

Kongregasi SMFA dikenal sebagai “Suster Rakyat” karena pilihan hidupnya yang sederhana.

Ke-7 suster yunior SMFA itu adalah: 

  1. Sr. Aurelia SMFA.
  2. Sr. Felisia SMFA.
  3. Sr. Kamelia SMFA.
  4. Sr. Odilia SMFA.
  5. Sr. Yunita SMFA.
  6. Sr. Antonia SMFA.
  7. Sr. Veronika SMFA memperbarui kaulnya di Yogyakarta karena sedang studi.
6 orang suster yunior SMFA memperbarui kaulnya sementara satu lainnya melakukannya di Yogyakarta. (Sr. Kresentia Yati SMFA/Pontianak)

Sambutan Sr. Pemimpin Umum SMFA

Sambutan Pemimpin Umum Kongregasi SMFA Sr. Kristina Unau dimulai dengan mengutip kembali wasiat Bapa Pendiri SMFA. “Berjuanglah supaya menjadi suster yang suci,” kata Sr. Kristina Unau SMFA membuka sambutannya.

Ungkapan kutipan dari Bapa Pendiri Kongregasi SMFA itu diucapkan guna memberi motivasi dan semangat kepada para suster Yunior yang baru saja mengucapkan komitmennya sebagai religius SMFA dengan memperbarui kaulnya.

Hidup sebagai religus SMFA berarti hidup menekuni  tugas pelayanan, dalam persaudaraan di komunitas dan dalam relasi di masyarakat sebagai “Suster Rakyat”.

“Perbaharui dirimu setiap hari dan setiap saat agar lebih baik lagi,” ungkapnya lagi.

Sedangkan kepada para novis yang baru mengikrarkan profesi pertama, Bapa Pendiri juga  memberi nasihat suci: “Berusahalah menghidupi ketiga nasehat Injil yang telah diikrarkan dalam hidup sehari–hari.”

Marilah selalu ingat akan wasiat Bapa Pendiri SMFA yang mengatakan : “anak–anak, kalau mau bertekun dalam panggilanmu, ingatlah bahwa kalau sudah mulai jangan menoleh ke belakang”, demikian anjuran Suster Pemimpin Umum Kongregasi SMFA.

Kepada para Postulan yang kini telah memasuki jenjang pendidikan di Novisiat, Suster Kristina Unau SMFA mengatakan sebagai berikut:

Kalian memulai babak baru dalam pendidikan, permulaan hidup religius. Berusahalah membentuk dirimu untuk menjadi seorang religius yang suci, tangguh, tekun dan setia sebagai mana wasiat Bapa Pendiri SMFA: Setialah dalam hal–hal kecil,” ungkapnya.

12 Th Kongregasi SMFA Mandiri: Berkah Berlimpah, 7 Postulan, 7 Novis, 7 Pembaruan Kaul (4)

Menyapa orangtua para suster

“Kepada para orang tua, kami Kongregasi SMFA berterimakasih atas kebaikan hati kalian yang telah mendukung panggilan anak–anak kalian untuk mengikuti Yesus Kristus. Persembahan kalian adalah seperti persembahan Abel yang pasti diterima dan diberkati Tuhan. Pihak Kongregasi tidak menjanjikan apa pun, selain daripada berdoa memohon berkat Allah selalu menyertai kalian semua,” demikian Sr. Kristina Unau SMFA menyapa segenap orangtua para suster.

Menyapa para suster formator

“Kepada para suster formator di Novisiat yakni Sr. Yuli SMFA, Sr. Sofia SMFA, Sr. Domisia SMFA. Terima kasih, kalian bertiga sudah menyemai dengan baik panggilan mereka, membimbing, meneguhkan mereka sehingga mereka melangkah dengan mantap ke jenjang berikut sebagai SMFA,” demikian sapanya. 

Tugas pengutusan

Akhirnya yang biasa ditunggu–tunggu adalah tugas perutusan bagi para suster yang baru mengikrarkan profesi pertama.

Pesan spesial kepada para suster semua anggota kongregasi SMFA “agar bersama–sama menyuburkan panggilan yang telah dianugerahkan Tuhan dan tampakanlah atmosfir sukacita dan menjadi saksi Kabar Baik di tengah dunia.

Tugas perutusan bagi para suster yunior yang baru saja mengucapkan pembaruan kaulnya adalah sebagai berikut:

    1. Sr. Egidia SMFA bertugas di Komunitas Boerdonk, Pontianak.
    2. Sr. Getruda SMFA bertugas di Komunitas Boerdonk, Pontianak.
    3. Sr. Anggelia SMFA bertugas di Komunitas Bonaventura, Putussibau.
    4. Sr. Fransiska SMFA bertugas di komunitas St. Yohanes Bosco, Sintang.
    5. Sr. Carolla SMFA bertugas di Komunitas St. Yohanes Bosco, Sintang.
    6. Sr. Benedicta SMFA bertugas di Komunitas St. Bernardus Quintavale, Sosok.
    7. Sr. Gerarda SMFA bertugas di Komunitas St. Clara, Entikong.

Keterangan foto (Ki-Ka): Sr. Gerarda, Sr. Egidia, Sr.Benedicta, Sr. Fransiska, Sr. Getruda, Sr. Carolla, dan Sr. Anggelia (Selesai).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here