Keluarga Muslim Lahirkan Seorang Imam

2
4,330 views
Pater Yanto bersama orang tua / Foto : Frater Aldo

MISA pentahbisan imam yang berlangsung di Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, tidak hanya dihadiri oleh Umat yang beragama Katolik tetapi juga dihadiri oleh kaum muslim.

Di antara para orang tua dan keluarga yang hadir, terdapat seorang ibu muslim yang turut berbahagia atas ditahbiskannya putranya. Beliau adalah Ibu Siti Asiyah, Ibunda dari P. Robertus Robertus Asiyanto, SVD, salah seorang imam yang ditahbisakan bersama 10 imam yang lainnya di Ledalero.

Pater Yanto, SVD lahir dalam keluarga muslim dan ia sendiri baru berpindah ke Katolik ketika duduk di bangku kelas III SMP. Niat luhurnya untuk berpindah ke Katolik dan menjadi imam mendapat dukungan dari ibunda tercinta yang adalah seorang muslim, buktinya ibu dan keluarganya hadir dalam upacara mulia pentahbisan ini.

Ibu Siti, nampak sangat terharu meyaksikan proses pentahbisan putranya. Air mata tak kuasa dibendungnya, hingga harus beberapa kali disekanya. Rasa terharu, bangga dan sukacita, menjadi satu dalam hatinya.

Sebagai rasa syukur atas karya agung Allah ini, P. Yanto, SVD menjadikan magnificat Maria sebagai moto tahbisannya. “Jiwaku memuliakan Tuhan” (Luk. 1:46) serentak menjadi kidung pujian yang boleh dilantunkan oleh dia dan keluarganya berkenaan dengan karya luhur dan mulia ini.

Bersama Bunda Maria, ia bersama seluruh keluarga besarnya baik yang Katolik maupun yang Islam tunduk bersujud untuk memuliakan Tuhan.

Pater Yanto ditabhiskan bersama 10 rekannya yakni Eugenius Dwi Ardika Iryanto, SVD; Maximus Hali Abit, SVD; Kalixtus Hartono, SVD; Christoforus Abjayandi Sans, SVD; Ferdinandus Nuho, SVD; Roberto Arif Oula, SVD; Firminus Wiryono, SVD; Benediktus Obon, SVD; Aloysius Rabata Men, SVD; dan Amandus Mare, SVD.

Penulis : Fr. Aldo Foya (Maumere)

2 COMMENTS

  1. luar biasa peristiwa pentabisan kali ini…tak kusangka dan tak kuduga..ternyata ada satu imam dari keluarga muslim..saya juga hadir dan ikut dalam peristiwa yang penuh berkat dan rahmat ini….semoga pater yanto,svd menjadi pastor TOLERAN utk semua umat beragama dalam karya misinya…

  2. Sungguh Agung Karyamu Ya Tuhanku…semoga Pastor Yanto,SVD senantiasa diberkati Tuhan dalam setiap karyanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here