Pelita Hati: 20.06.2019 – Doa Bapa Kami

0
566 views

Bacaan Matius 6:7-15

Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Mat 6:7.9-13)

Sahabat pelita.hati,

DOA “Bapa Kami” merupakan salah satu doa istimewa dalam Gereja karena merupakan doa agung ajaran Yesus sendiri. Doa ini dikenal sebagai doa pokok atau doa dasar, tidak panjang mamun memuat ajaran keutamaan yang lengkap yang sewajibnya didoakan dan dihayati oleh setiap umat kristiani.

Tiga ajaran kutamaan itu adalah

Pertama, kehendak untuk selalu memuji, memuliakan dan mengagungkan nama Tuhan. Karenanya doa Bapa Kami diawali dengan memuliakan nama Tuhan “Dimuliakanlah nama-Mu”. Memuji dan memuliakan nama Tuhan adalah keharusan bagi setiap orang beriman karena kebaikan dan kasih-Nya selalu melimpah dan mengalir kepada manusia. Inilah sikap iman yang harus dihidupi para pengikut Kristus.

Kedua, kita diajak untuk membangun hidup sederhana alias tidak serakah, “berilah kami makanan secukupnya”. Di tengah kecenderungan untuk berfoya-foya, kita harus berani mengambil sikap hidup sederhana dan peduli kepada sesama, terutama yang menderita dan berkekurangan.

Ketiga, mengembangkan keutamaan kasih dan pengampunan, “…ampunilah kami seperti kami juga mengampuni  yang bersalah kepada kami”. Allah kita adalah maha pengasih dan pengampun. Ia berlimpah kasih dan pengampunan-Nya. Sebagai murid-murid Kristus kita pun memiliki tugas dan tanggungjawab untuk mengembangkan kasih dan pengampunan itu dalam hidup sehari-hari. Tak menyimpan dendam apalagi berniat untuk membalasnya. 

Sahabat terkasih,

Semoga dengan mendoakan doa “Bapa Kami” setiap hari, kita semakin dapat mensyukuri kebaikan Tuhan, hidup sederhana dan tak serakah serta memiliki jiwa mengampuni dan memaafkan kepada sesama. Apakah Anda sudah berdoa Bapa Kami di hari ini?

Pergi ke pasar naik Metromini,
belanja ikan dan cumi-cumi.
Berilah kami rejeki pada hari ini,
dan ampunilah kesalahan kami.

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here