Rahasia Tri Tunggal Maha Kudus

0
50 views
Tri Tunggal Maha Kudus

Bacaan 1: Ul 4:32-34,39-40

Bacaan 2: Rm 8:14-17

Injil: Mat 28:16-20

Memahami dogma Gereja Katolik tentang Allah Tri Tunggal memang sulit, baik bagi orang katolik sendiri apalagi non katolik.

Dogma tersebut hanya dapat diterima dengan iman (kepercayaan) dan bukan dengan pengetahuan. Meski manusia dikaruniai akal dan budi namun tetap saja terbatas kemampuannya.

Allah Tri Tunggal bukan berarti Allah-nya ada Tiga.

Pemahaman dogma ini tidak bisa dilepaskan dari cinta kasih Allah pada manusia. Allah sebagai Sang Pencipta tentu mengasihi ciptaan-Nya terutama manusia. Maka sejak kejatuhan manusia dalam dosa, Allah berinkarnasi menjadi manusia sebagai Allah Putera, yaitu Tuhan Yesus Kristus turun ke dunia untuk menyelamatkan  manusia.*

Sayang manusia menolak-Nya.

Namun demikian kasih Allah tidak berhenti disitu, Ia menjanjikan Roh-Nya untuk menuntun orang percaya pada Kebenaran, Dia-lah Allah Roh Kudus. Roh yang senantiasa menyertai manusia menuju kepada Allah Bapa.

Dalam pengajarannya kepada jemaat di Roma, Rasul Paulus mengajarkan:

“…tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.”

Sejak pembaptisan, kita telah menerima Roh Allah yaitu Roh Kudus. Roh yang akan senantiasa membimbing manusia untuk taat melaksanakan perintah-Nya, menuju pada Allah Bapa.

Hal ini telah ditegaskan sendiri oleh Tuhan Yesus dalam “Amanat Agung-Nya” bahwa saat dibaptis, kita akan menerima Roh Kudus.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Ajaran bahwa hanya ada “Satu Allah” serta perintah untuk taat pada Allah juga telah disampaikan oleh Nabi Musa kapada Bangsa Israel.

“Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa Tuhanlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.

Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya.”

Pesan hari ini

Hanya ada Satu Allah, tiada yang lain.

Satu Kodrat Allah dengan Tiga Pribadi, yaitu Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh Kudus.

“Percaya itu sulit. Mengetahui siapa yang harus dipercaya, bahkan lebih sulit.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here