Seminari Menengah St. Petrus di Aek Tolang, Keuskupan Sibolga – Sumut (1)

0
918 views
Wajah pemandangan wilayah depan Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang Keuskupan Sibolga. (Dok Seminari Aek Tolang)

TAK banyak orang tahu,  bahwa di Keuskupan Sibola yang teritorialnya meliputi kawasan wilayah bagian selatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) juga ada Seminari Menengah.

Seminari menengah adaah  sekolah setingkat SMA yang secara khusus menampung mereka yang merasa diri dipanggil menjadi imam. Dengan demikian, seminari adalah sekolah khusus pendidikan calon imam.

Di Keuskupan Sibolga, nama sekolah khusus calon imam level menengah itu adalah Seminari Menengah Santo Petrus.

Lokasi alamatnya ada di  Jl. Prof. Mr. M. Hazairin,  Kelurahan Aek Tolang, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara 22611.

Orang setempat mengenalnya dengan nama akrab: Seminari St. Petrus Aek Tolang, lantaran lokasinya ada di desa dengan nama sama.

Nomor kontak teleponnya adalah (0631) 371761.

Sekilas info

Berikut ini sekilas informasi paling aktual mengenai kondisi Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang kurun waktu tahun ajaran 2017-2018 semester pertama.

Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang Keuskupan Sibolga adalah salah satu lembaga resmi Gereja  dalam menjalankan misinya  bagi pertumbuhan persiapan tenaga pastoral,terutama tenaga imam.

Seminari sebagai lembaga pendidikan calon imam di tingkat paling minor merupakan tanggungjawab bersama Gereja bagi munculnya dan bertumbuhnya tenaga-tenaga imam di masa depan.  Baik mereka yang nantinya berkarya bagi Gereja Lokal maupun  mereka yang kelak berkarya di tanah misi.

Berikut ini kami sampaikan beberapa informasi tentang Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang Keuskupan Sibolga.

Jalan masuk ke kompleks Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang langsung disambut dengan patung St. Petrus. (Dok. Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang Keuskupan Sibolga)

Visi

Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang sebagai sebuah lembaga dan tempat pembinaan/pendidikan calon imam, bercita-cita agar para seminaris berkembang secara sehat dan seimbang dalam 4SK (Sanctitas, Scientia, Sanitas, Socialitas, dan kedisiplinan).

Ini agar mereka  mampu menjadi pribadi yang dewasa dan integral secara manusiawi dan kristiani dalam mengikuti Yesus Kristus ke arah imamat dalam Gereja sebagai Umat Allah.

Misi

Mendidik dan mendampingi para seminaris agar berkembang sehat dan seimbang dalam sanctitas, scientia, sanitas, socialitas, kedisiplinan dan keterampilan (soft skill) ke arah kedewasaan manusiawi dan kristiani sesuai dengan usianya sehingga para seminaris mampu mengambil keputusan hidup sesuai dengan panggilan hidupnya.

Mendidik dan melatih para seminaris agar menjadi dewasa dan matang dalam keutamaan-keutamaan kristiani, mengolah kehidupan afektif dan seksual, mengembangkan sosialitas dan keadilan, berdialog dengan umat beriman lain dan berpengetahuan sesuai dengan usianya.

Mendidik dan membina para seminaris menjadi calon-calon pemimpin Gereja yang berjiwa melayani, pendoa, beriman dewasa-mendalam-misioner-memasyarakat, berani memperjuangkan nilai-nilai keadilan, serta mampu bekerja sama dan berdialog dengan masyarakat luas.

Membantu para seminaris agar semakin peka akan kebutuhan Gereja dalam konteks Indonesia, secara khusus Gereja Lokal, dan mengarahkan para seminaris untuk menjadi imam diosesan Keuskupan Sibolga dan tarekat lainnya.

Menciptakan situasi dan kondisi sedemikian rupa agar Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang menjadi tempat persemaian yang subur bagi tumbuh dan berkembangnya benih-benih panggilan kaum muda ke arah imamat. (Berlanjut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here