61 Tahun Paroki Atsj di Belantara Pedalaman Keuskupan Agats, Papua (1)

0
316 views
Papan informasi 'status' umat di Gereja Katolik St. Paulus Paroki Atsji di Keuskupan Agats, Papua. (Mathias Hariyadi)

ATSJ adalah nama sebuah paroki di kawasan pedalaman Keuskupan Agats, Papua. Nama gerejanya adalah St. Paulus. Tahun ini, Paroki Atsj akan merayakan genap 61 tahun.

Sejumlah kegiatan sudah dirancang akan terjadi dalam konteks perayaan HUT ke-61 tahun Parok Atsj.

Berdiri hanya sekitar 100 meter di sebelah sisi dari aliran sungai dengan rentang badan nan lebar bernama Sungai Bets, Gereja St. Paulus Paroki Atsj memiliki sisi lain yang tidak kalah menarik yakni hamparan dataran dengan pemandangan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Butuh waktu sedikitnya empat jam lamanya naik speedboat cepat dari ‘pusat kota’ Kabupaten Asmat di Kota Agats menuju Gereja St. Paulus Paroki Atsj.

Kini ada dua imam muda Ordo Salib Suci (OSC) yang berkarya di Paroki Atsj yakni Romo Medardus Eko Budi Setiawan OSC dan Romo Freday Badiyanto OSC.

Berikut ini sejumlah foto produksi bulan Juni 2013 yang dijepret penulis, ketika datang bersama Bapak Uskup Keuskupan Agats Mgr. Aloysius Murwito OFM dan rombongan kelompok peduli kemanusiaan dari Jakarta (Irene Setiadi, Lily Marcella, Hendra Kosasih, Sr. Sylvia KFS, Sr. Korina OSU) mengunjungi Paroki Atsj.

Jalan setapak dari titik lokasi dermaga Paroki Atsji menuju Gereja St. Paulus Paroki Atsji dan pastoran. (Mathias Hariyadi)
Sungai kecil di samping sungai super lebar di mana speedboat biasanya ditambatkan pada tiang-tiang kayu dermaga pastoran. Tampak sungai kecil di samping sungai lebar ini tengah naik pasang. Dermaga sederhana inilah yang dijumpai di belakang pastoran Gereja St. Paulus Paroki Atsji, Keuskupan Agats, Papua. (Mathias Hariyadi)
Motoris speedboat Keuskupan Agats tengah bersiap diri di dermaga Gereja St. Paulus Paroki Atsj, sejenak sebelum melaju di perairan sungai menuju Stasi Sagare yang berlokasi jauh di pedalaman dengan lama perjalanan 4 jam naik speedboat. (Mathias Hariyadi)
Kondisi sungai tengah naik pasang, sehingga memudahkan speedboat keluar-masuk dermaga sederhana Gereja St. Paulus Paroki Atsji, Keuskupan Agats, Papua. (Mathias Hariyadi)
Aliran sungai kecil di depan dermaga tengah mengalami surut air.

(Berlanjut)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here