Gua Maria Sendang Sriningsih di Jali: Berdoa di Bawah Rerimbunan (1)

0
3,079 views

DESTINASI wisata rohani atau lazim dikenal sebagai ziarah sudah membumi di tlatah Keuskupan Agung Semarang sejak lama. Setelah Sendang Sono di kawasan Pegunungan Menoreh di Paroki Promasan yang sudah lebih dahulu goes national, maka di Paroki Wedi pun juga berkumandang Gua Maria Sendang Sriningsih di Jali, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Sekarang ini, Gua Maria Sendang Sriningsih masuk dalam tlatah gerejani Paroki St. Maria Diangkat ke Surga Dalem, Kec. Gantiwarno, Klaten.

Jali 1
Berdoa dalam keheningan alam dan teduhnya suasana pegunungan karena rimbunnya pepohonan di Gua Maria Sendang Sriningsih di Jali, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DIY. (Mathias Hariyadi/Sesawi.Net)
jali 3
Gua Maria Sendang Sriningsih di Jali kian teduh oleh karena slulur akar pohon beringin yang begitu rimbun di sekitar pelataran doa. (Mathias Hariyadi)

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Gua Maria Sendang Sriningsih makin bersolek. Pepohonan rindang terdiri dari pohon beringin menjadi ciri khas destinasi wisata rohan (ziarah) ini.  Orang bisa naik sepeda motor atau mobil hingga ke tepian gua, tentu saja minivan atau sedan.

Di pelataran doa, sudah ada undak-undakan untuk menampung luberan umat yang mengikuti misa. Sementara di depan gua, sudah ada kursi-kursi buatan untuk para pendoa.

jali 2
Di atas ada Gua Maria Sendang Sriningsih, di bawah ada Gereja Kuasi Paroki Maria Marganingsih di Jali. (Mathias Hariyadi)
jali 4
Mencuci muka di sumur alami Gua Maria Sendang Sriningsih, sementara di bawah gambar altar Gereja Maria Marganingsih Jali. (Mathias Hariyadi)

Kapel berdiri gagah beriringan dengan pendopo dimana para peziarah bisa berisitrahat sejenak.

Di kompleks Gua Maria Sendang Sriningsih inilah pada bulan-bulan mendatang akan berlangsung penutupan Kongres Ekaristi Keuskupan Agung Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here