Hari Yubelium bagi Orang Sakit di Paroki St. Theresia Majenang

0
1,245 views
Ilustrasi tentang pastor tengah memberikan Sakramen Pengurapan Orang Sakit. (Dok. Romo Aloys Budi Purnomo)

HARI Minggu  tanggal 12 Juni 2016 ditetapkan sebagai Yubileum bagi orang sakit dan bagi mereka yang merawatnya.

Paroki St. Theresia Majenang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang terkait sehingga memungkinkan  orang  bisa  menerima rahmat Allah. Salah satu rahmat yang dibuka di Tahun Yubileum ini adalah indulgensi.

Untuk memfasilitasi mendapatkannya, maka tim kerja kesehatan membentuk panitia kecil yang bertugas mengelola beberapa kegiatan. Sakramen Penerimaan Sakramen Tobat, Pengurapan Orang Sakit, pemberian komuni bagi orang sakit dan pemberian indulgensi bagi yang sakit dan yang merawat.  Penerimaannya dilakukan oleh tim bersama romo yang datang berkeliling ke rumah-rumah sakit.

Sebanyak 11 orang sakit di lingkungan paroki telah dikunjungi pada hari Rabu dari pukul 09.30 hingga pukul  17.00 WIB. Hari Kamis berkunjung ke tiga keluarga   di Stasi Bernadeta Kecamatan Wanareja dari pagi  sampai pukul 14.30 WIB.

Jumat melayani kunjungan ke sebuah keluarga di Stasi Karangpucung dan tujuh keluarga lain di  keluarga Stasi Caruy. Hanya Stasi Mergo dan Lingkungan Yohanes yang tidak mendapat kunjungan, karena tidak ada umat yang tengah sakit. Kunjungan ke kedua stasi ini terjadi mulai pukul  09.30 WIB hingga sampai pukul 18.00 WIB.

Kunjungan memakan waktu lama, karena lokasi medan yang berpencaran atau dan jalan yang begitu rusak. Bahkan sampai ban mobil bocor di hari kedua.

Misa pemberian indulgensi

Puncak perayaan ini terjadi dalam perayaan ekaristi penganugerahan indulgensi pada hari Minggu 12 juni 2016 pukul 07.30 WIB oleh pastor paroki di Gereja Paroki St. Theresia Majenang yang dipenuhi umat. Hadir pula beberapa umat stasi.

Sesudah komuni, anak-anak menjalankan amal belas kasih kerahiman dengan menghibur oma-opa dalam misa. Kolekte kedua dipersembahkan untuk karya belas kasih di sebuah panti asuhan.

Kegiatan ziarah ke pintu suci katedral sebagai salah satu syarat akan diwakili oleh tim kesehatan paroki.

Sesudah misa, semua umat bersyukur atas rahmat yubileum dengan menyantap rezeki yang disediakan oleh salah satu keluarga dokter.

Terima kasih untuk semuanya. Tuhan memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here