Hidup Ugahari Bantu Peduli Sesama dan Lingkungan

0
170 views
Leonardo DiCaprio (Courtesy of Marie Claire)

APA yang Anda lakukan untuk peduli terhadap sesama dan lingkungan hidup di mana Anda tinggal? Saya yakin, Anda punya berbagai cara untuk mengungkapkan kepedulian Anda.

Saya yakin, Anda pernah melihat sosok Leonardo DiCaprio di layar lebar atau layar kaca. Dia seorang bintang film Holywood ternama. Lahirnya pun di Hollywood, Amerika Serikat. Lelaki berwajah tampan ini selalu membintangi film-film bergengsi seperti Titanic, The Wolf of Wall Street dan The Departed.

Namun DiCaprio pernah merangkak dari nol. Ia mulai membintangi film-film kecil dan serial televisi seperti sinetron Santa Barbara dan sitkom Growing Pains di awal 1990-an. Ia juga tampil dalam film komedi, yaitu Eating Gilbert Grape yang menampilkan dirinya sebagai bintang film yang mendapat pujian alias jempol. Merangkak dari bawah, DiCaprio kemudian menyabet berbagai penghargaan hingga piala Oscar yang menjadi barometer perfilman dunia.

Dengan kiprahnya yang luar biasa di dunia akting, tentu saja pria blasteran Italia–Jerman ini memiliki duit yang banyak alias kaya raya. Melalui film-film tersebut pastinya membuat DiCaprio memiliki kocek tebal. Karena itu, bukan hal sulit pula baginya untuk membeli mobil mewah berharga selangit. Tentu banyak orang akan beranggapan bahwa DiCaprio yang aktivis lingkungan hidup ini hidup berfoya-foya.

Sayang, anggapan seperti itu ternyata jauh dari kenyataan. Ia hidup sederhana. Salah satu hal yang menunjukkan dirinya hidup sederhana adalah mobil yang tergolong murah yang dimilikinya, yaitu sebuah Toyota Prius. Ia membeli mobil tersebut dengan alasan memiliki harga terjangkau dan ramah lingkungan.

Hidup yang sederhana mulai ditinggalkan oleh banyak orang di zaman serba canggih sekarang ini. Banyak orang di negeri ini mulai bergaya hidup mewah, begitu memiliki kesempatan. Hal ini menimpa hanyak orang dari kalangan bawah hingga kalangan jetset yang sering identik dengan kemewahan. Berbagai bentuk kemewahan ditampilkan dalam hidup sehari-hari mulai dari mode hingga apa yang dimiliki atau dikoleksi.

Kisah di atas mau mengatakan kepada kita bahwa hidup ini tidak semestinya ditampilkan dalam gaya hidup mewah. Meski kekayaan yang dimiliki bergunung dan bergudang-gudang, tetapi orang mesti sadar bahwa materi bukan segala-galanya. Ada hal-hal yang mesti diperjuangkan dalam kehidupan ini.

Leonardo DiCaprio memilih untuk memperjuangkan hidup sederhana dengan memiliki mobil yang ramah lingkungan.

Kesadaran akan lingkungan hidup dan orang-orang yang ada di sekitar kita mesti menjadi salah satu hal yang mesti selalu diperjuangkan. Kita tidak hidup sendirian saja. Kita hidup bersama orang lain yang juga membutuhkan perhatian dari kita.

Hal ini didasarkan pada kasih akan Tuhan yang senantiasa diperjuangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Memang, kasih akan Tuhan itu tidak mesti diungkapkan lewat kata-kata secara terus-menerus. Kasih akan Tuhan itu juga diungkapkan melalui perbuatan-perbuatan baik dalam hidup sehari-hari. Kita dipanggil untuk melayani sesame, bukan untuk dilayani.

Mari kita terus-menerus peduli terhadap sesama dan lingkungan hidup. Dengan demikian, damai senantiasa hadir dalam hidup kita. Tuhan memberkati.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here