HUT ke-85 Paroki Katedral Malang

0
91 views

PADA hari Sabtu malam tanggal 26 Oktober 2019 ini, kita diingatkan akan kebersamaan kita sebagai umat beriman yang dikumpulkan di tempat ini di mana Gereja Paroki Katedral Malang ini telah berdiri 85 tahun.

Kita senantiasa berharap bahwa kita bukan hanya mempertahankan suatu gedung gereja, tetapi kita bersama sama sedang terus membangun bangunan rohani, persatuan kita kebersamaan kita cinta kasih kita.

Kita semua berharap kita menjadi orang-orang yang berguna bagi pembangunan masyarakat  yang adil yang makmur membawa damai dan suka cita.

Saya ucapkan selamat merayakan 85 tahun Gereja Katedral Malang; persekutuan umat beriman  yang dengan penuh semangat menggapai persaudaraan dengan siapa pun.

Pada masyarakat yang hadir yang juga sudah terlibat kami ucapkan salam persahabatan, salam damai, salam bahagia. 

Sambutan romo paroki.

Dalam kebersamaan ini, kita menjaga persaudaraan sejati dan semoga kebersamaan ini lestari karena kita negara kita dilindungi dimbimbing dan diberkati oleh Allah sendiri. 

Oleh karena itu mari kita bersuka cita mari kita saling mendukung mari kita bersama-sama membangun nusa dan bangsa ini dalam satu semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” semoga jayalah negara Republik Indonesia tercinta. Berkah Dalem

Demikian sambutan Pastor Paroki Katedral Malang Romo Emmanuel Wahyu Widodo PR dalam acara syukur HUT Paroki ke 85.

Acara peringatan

Acara yang diselenggarakan tepat di depan Gereja Katedral Malang ini berlangsung dalam cuaca yang baik cerah, berjalan dengan lancar dan penuh sukacita. Acara ini dihadiri oleh segenap umat paroki dan warga masyarakat umum yang berdomisili di sekitar Gereja Katedral.

Partisipasi umat dalam menghadirkan paket hiburan.

Partisipasi umat perlu mendapatkan apresiasi dan acungan jempol. Karena diantara mereka telah mempersembahkan suara emasnya dalam bentuk nyanyian lagu rohani dan pop secara single ataupun melalui vocal group seperti yang dipersembahkan anak-anak lingkungan Santo Paulus dan OMK Kristoforus dengan iringan oleh Bartolomeus Band.

Tarian dari daerah Madura Tanduk Majeng’ persembahan Lingkungan Santo Agustinus. 

Tarian khas Dayak dipersembahkan adik-adik dari Kalimantan Barat yang sedang kuliah di Malang dan berdomisili di sekitar Paroki Katedral Malang.

Tema perayaan

Tema HUT Paroki kali ini adalah “Persekutuan Umat yang Semakin Beriman Semakin Bersemangat dan Semakin Bersaudara”. Tema tersebut diterjemahkan dalam bentuk  katekese dan doa umat yang diwartakan dan didoakan oleh umat paroki dalam lingkungan ketika mereka berdoa rosario bersama  sepanjang bulan Oktober ini.

Tema Juga diwujudkan dalam tiga lagu.

Bartolomeus Band – Cop.

Lagu pertama berjudul Mari Saling Melayani, gubahan Br. Mungsi O.Carm. Lagu kedua adalah Bangga Warga Gereja, juga karya Br. Mungsi O.Carm dan lagu ketiga theme song Perayaan HUT ke-85 berjudul Kobarkan Semangat Menggereja digubah oleh MS Nugroho.

Misa bersama para imam lintas tarekat.

Sejatinya puncak dari syukur HUT Paroki adalah Perayaan Ekaristi yang telah dilaksanakan pada Jumat 25 Oktober 2019 pukul 17.00 di Gereja Katedral Malang yang dipersembahkan secara selebrasi oleh delapan imam anta lain:

  1. Sekretaris Keuskupan Malang Romo Joko O.Carm.
  2. Pastor Paroki Katedral Romo Emil Pr.
  3. Pastor Rekan Romo Jemmy Pr.
  4. Romo Wim SMM.
  5. Romo Basilius Soedibjo SJ
  6. Romo Paulus Teguh O.Carm.
  7. Romo Aang Pr.
  8. Romo Eko Putranto O.Carm.

Hadir dalam Perayaan Ekaristi ini segena[ umat paroki, biarawan-biarawati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here