Kantor Kopdit CU Harapan Jaya Unit Tanjungbalai Diresmikan

0
358 views
Kantor Kopdit CU Harapan Jaya di Tanjungbalai. (Ist)

KANTOR Pelayanan Koperasi Kredit CU Harapan Jaya Unit Tanjungbalai diresmikan, Sabtu tanggal 19 Mei 2018 di Jl. Jend. Sudirman No. 33E, Kelurahan Karya, Kec.TB. Selatan, Kota Tanjungbalai.

Peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Tanjungbalai Nedi Hamlet didampingi Ketua Kopdit CU Harapan Jaya Kisaran, Desman Simbolon dan Koordinator Unit Tanjungbalai (penulis).

Acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Ketua Kopdit CU Kisaran dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Tanjungbalai.

Sebelumnya, telah berlangsung pemberkatan gedung oleh Pastor Paroki St. Mikael Tanjungbalai, RD. Tarsisius Son SSCC. Pastor Tarsi, demikian ia sering disapa, mengatakan bahwa hendaknya orang-orang yang terlibat dalam pelayanan Kantor Kopdit CU bertindak bijak sebagaimana Yusuf anak Yakub yang dibuang oleh saudara-saudaranya ke Mesir namun berusaha bertindak bijak dalam hidupnya. Itulah yang mesti diteladani.

Acara peresmian ini dihadiri oleh seluruh Pengurus, Pengawas, dan Manager Kopdit, para Kolektor Unit Tanjungbalai dan sekitar 30-an anggota. Demikian juga Koordinator Wilayah Koperasi Kredit Asahan-Labuhan Batu Ngolu Situmorang dan rombongan.

Turut hadir juga Lurah Kelurahan Karya Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Tanjungbalai, Nedi Hamlet, dan para Kabid dan Kasi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Tanjungbalai.

Kopdit CU Harapan Jaya ini berpusat di Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Sedangkan Kota Tanjungbalai merupakan daerah perluasannya yang disebut dengan Kantor Unit.

Ketua Kopdit Desman Simbolon,dalam sambutannya mengatakan,  saat ini Kopdit CU Harapan Jaya Kisaran memiliki 9 unit pelayanan dengan Kantor Pusat di Kisaran ditambah 1 unit pertokoan.

“Secara Nasional CU bisa kokoh dan berkembang, karena ditopang lima pilar dia ntaranya: swadaya (modal sendiri), solidaritas, pendidikan, inovasi, dan bersatu dalam keberagaman. Sehingga saat ini seluruh unit dan kantor pusat gedungnya adalah milik Kopdit CU Harapan Jaya,” ungkapnya.

Hingga akhir Tahun Buku 2017, keanggotaan Kantor Kopdit CU Unit Tanjungbalai sebanyak 1464 orang, sedangkan simpanan sebanyak Rp 5,6 miliar, pinjaman yang beredar sebanyak 4,6 miliar.

Koordinator Unit Tanjungbalai, selaku Ketua Panitia peresmian, melaporkan, adanya Kantor Unit Tanjungbalai tersebut dimulai pada September 2012 dengan satu kolektor (penulis) untuk merekrut anggota yang menginduk ke Kantor Unit Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

Dalam tempo dua tahun, sudah ada tambahan dua kolektor baru (Komres Tamba dan Imelda Theresia Purba) dan mereka mampu merekrut anggota sebanyak 560-an anggota.

Karenanya, Pengurus Kopdit CU Harapan Jaya memutuskan mendirikan Kantor Unit baru di Kota Tanjungbalai dengan diresmikannya Kantor Unit Tanjungbalai 19 Juli 2014, namun status gedungnya masih mengontrak.

Saat ini, kolektornya berjumlah 8 orang ditambah 3 orang karyawan purna waktu selama enam hari kerja. Semoga di masa mendatang Kopdit CU Harapan Jaya Unit Tanjungbalai khususnya dan Kopdit Harapan Jaya Kisaran umumnya semakin maju dan berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here