Kebahagiaan Seorang Ibu

0
283 views

“Ketika Yesus sedang berbicara kepada orang banyak, berserulah seorang wanita dari antara orang banyak itu, dan berkata kepada Yesus, ‘Berbahagialah ibu yang telah mengandung dan menyusui Engkau!’” (Luk 11,27)

SELENA Gomes tidak hanya cantik dan bersuara merdu, tetapi juga memiliki bakat dalam bidang fashion. Hal itu nampak dalam sebuah kado handbag yang diberikan kepada ibunya dan didesain khusus oleh artis ini. Dalam akun IG-nya, ibunya terlihat memegang handbag tersebut dan nampak bahagia.

Beberapa waktu yang lalu, seorang aktor dan aktris papan atas dari Korea juga memutuskan diri untuk menikah pada akhir bulan ini. Kabar ini mengejutkan dan sekaligus membuat bahagia banyak pihak, khususnya ibunya. Ibunda dari Song Joong Ki menyatakan rasa senang dan bahagianya kepada media Korea.

Selain SG dan dua orang Korea, setiap orang tentu mempunyai seorang ibu. Ibu yang pernah mengandung, melahirkan, merawat, mendidik dan mendampingi anak-anaknya, sejak dilahirkan sampai menjadi seorang pribadi dewasa dan mandiri. Setiap orang pernah mengalami proses ini. Peran dan tanggung jawab para ibu pun sama, sekalipun mereka tinggal dan berasal dari tempat, daerah atau negara yang berbeda.

Memang bisa terjadi bahwa tidak semua ibu pernah mengandung dan melahirkan anak karena berbagai macam alasan, entah kesuburan atau kesehatan. Namun demikian, mereka tentu tetap mempunya harapan untuk mengalami kebahagiaan di dalam hidupnya. Menjadi seorang ibu yang bahagia merupakan keinginan mempelai wanita saat diresmikan pernikahannya; merupakan harapan para ibu ditengah keluarganya; merupakan perjuangan para ibu di sela-sela kesibukan rumah tangga dan pekerjaannya. Banyak ibu-ibu pernah merasakan dan mengalami kebahagiaan semasa hidupnya; kebahagiaan yang terpancar dari sorot matanya, wajahnya yang tenang dan damai.

Salah satu hal yang membahagiakan para ibu adalah kehadiran anak-anaknya, seperti dikatakan oleh seorang wanita kepada Yesus. Banyak ibu berbahagia karena anak-anak yang pernah dikandung, dilahirkan dan disusui; bahkan sekarang telah menjadi pribadi yang dewasa, matang dan mandiri dalam banyak hal. Anak-anak mereka telah berhasil dalam pendidikan dan sukses di dalam usaha serta pekerjaan; yang telah mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dan sejahtera. Yang paling membahagiakan para ibu adalah anak-anak yang tahu balas budi terhadap orang tua; yang bersedia menerima orang tuanya dengan segala kekurangan dan keterbatasannya; yang dengan berbagai cara berusaha membahagiakan orang tua.

Hanya karena anak-anak yang menjadi sumber kebahagiaan, banyak ibu yang tetap bertahan di dalam kesulitan, tabah di dalam penderitaan, bersemangat di dalam pekerjaan dan usaha. Banyak ibu bisa berpisah dengan suaminya yang kasar dalam kata-kata dan tindakan; tetapi tidak mudah dipisahkan dengan anak-anak yang pernah mereka lahirkan dan susui.

Sejauh mana saya sadar akan peran dan tanggung jawab ibu yang begitu besar di dalam hidupku? Apa saja yang telah saya lakukan untuk membahagiakan seorang ibu yang pernah melahirkan, menyusui dan membesarkan diriku? Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here