Kegiatan SAV Puskat dalam Sepekan Ini

0
109 views
Ilustrasi: retret media by SAV Puskat.

BERIKUT kami sampaikan ringkasan agenda acara di SAV Puskat di Sinduharjo yang dirilis oleh Romo Iswarahadi SJ melalui jaringan Inter Nos.

Dalam sepekan ke depan di SAV Puskat Sinduharjo ada aneka kegiatan, baik rangkaian Festival Film Puskat ke-5 maupun soft opening “Kampoeng Media” (PT Alam Media, SAV Puskat, Balai Budaya Sinduharjo) sebagai Pusat Spiritualitas Media dan Budaya.

Aneka kegiatan ini melibatkan para volunteer antara lain anak-anak muda Patemon/Kotabaru maupun Focus-Minomartani dan warga Jaban Sinduharjo sebagai bagian dari panitia.

Kegiatan ini terbuka untuk umum.


1. Dalam rangka peringatan Hari HAM pada Selasa 10 Desember 2019 pukul 19.00 ada acara nonton bareng dan diskusi film Atas Nama Agama yang dipandu oleh Sdr. Ahmad, aktivis interreligous dan YIPC Yogyakarta dan Interfidei.

2. Penjurian film peserta Festival Film Puskat ke-5 (2019) dengan tema “Membangun Semangat Demokrasi” (menggali makna sila ke-4 dari Pancasila). Terkumpul 35 film dari seluruh Indonesia (7 film dokumenter dan 28 film cerita). Sebagian besar film dibuat oleh orang-orang muda lintas agama. Sudah terleksi 12 film yang mendapat nominasi.

3. 12 dan 13 Desember 2019 ada dua kali seminar atau istilah ringannya “Ngobrol Bareng” tentang perfilman untuk para praktisi dan peminat perfilman. Malam harinya ada pemutaran film-film yang mendapat nominasi dan disertai dengan sharing dari para pembuat film. 

4. 14 Desember 2019 pukul 09.00-16.00 ada bazaar yang terbuka untuk umum. Karya-karya SJ juga ikut mengisi bazaar ini antara lain PML, PPY, SAV, Basis-Utusan-Rohani, juga Penerbit PT Kanisius. Juga diundang DIAN Interfidei, para pelukis dan para pegiat kerajinan tangan/industri kecil dari sekitar Sinduharjo. 

5. 14 Desember pukul 16.30 acara rilis Kampoeng Media oleh Romo Provinsial dan Bpk Lurah Sinduharjo. Ini akan dihadiri oleh para tamu undangan, termasuk para Nostri.

Dilanjutkan dengan Puncak Festival Film Puskat yang ke-5 dengan aneka hiburan dan penganugerahan trofi untuk para pemenang. Para wakil dari 12 film yang mendapat nominasi juga hadir sejak tanggal 12 Desember.

Kedua acara diselenggarakan di tepian sungai Boyong, di tempat terbuka.

Mohon doa agar tidak hujan. Sesudah acara puncak FPP ke 5, ada sumbangan acara dari Ketua DPRD Sleman berupa pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Balai Budaya Sinduharjo.

Tanggal 15 Desember siang harinya ada jathilan dari pemuda Jaban dan malam harinya ada aneka seni tari dan kethoprak dari warga sekitar yang biasanya berlatih seni di Balai Budaya Sinduharjo maupun Balai Budaya Minomartani.

Demikian info dari kami. Terimakasih atas segala bentuk dukungannya. Monggo-monggo sami rawuh ngombyongi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here