Kepada IRRIKA Italia, Ignatius Kardinal Suharyo Ajak Merawat Warisan Sejarah Bangsa Cinta Kerukunan

0
547 views
Ignatius Kardinal Suharyo dalam homilinya di Perayaan Ekaristi syukur atas pelantikannya menjadi Kardinal ketiga asal Indonesia bersama IRRIKA Italia atas prakarsa Kedubes RI untuk Vatikan, Selasa (8/10/10) - KBRI Vatikan

PADA hari Selasa tanggal 8 Oktober 2019 dan bertempat di Pontificio Collegio Missionario San Paolo Apostolo di Roma telah berlangsung Perayaan Ekaristi Syukur atas pelantikan Ignatius Kardinal Suharyo.

KBRI Vatikan menjadi tuan rumah atas pahargyan berupa perayaan liturgi Ekaristi bersama Bapak Kardinal Suharyo ini.

Perayaan syukur atas pelantikan Uskup KAJ dan Ketua KWI Mgr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo menjadi Kardinal ini dihadiri oleh segenap imam, bruder, suster asal Indonesia yang tinggal atau tengah studi di Italia.

Perayaan Ekaristi tanda syukur bersama Kedutaan RI untuk Vatikan dan IRRIKA Italia atas pelantikan Ignatius Kardinal Suharyo. Ikut hadir dalam misa syukur ini Uskup Keuskupan Bandung sekaligus Sekjen KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC, 20 imam Indonesia sebagai konselebran, dan puluhan imam, bruder, dan suster asal Indonesia yang tengah studi atau tinggal di Italia. (KBRI Vatikan)

Karena itu, KBRI Vatikan lalu menggandeng IRRIKA Italia untuk mengorganisir acara ini.

Ikut hadir dalam prosesi liturgi di meja altar ini adalah Uskup Keuskupan Bandung sekaligus Sekjen KWI Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC dan 20-an imam asal Indonesia.

Sambutan Dubes RI untuk Tahta Suci Vatikan: HE Antonius Agus Sriyono yang menjadi tuan rumah acara Perayaan Ekaristi syukur ini. (KBRI Vatikan)
Nasi tumpeng untuk menandai rasa syukur atas pelantikan Bapak Uskup KAJ sekaligus Ketua KWI ini menjadi Kardinal. Pelantikan Ignatius Kardinal Suharyo terjadi saat berlangsung Konsistori Kardinal di Basilika St. Petrus Vatikan, Sabtu malam WIB tanggal 5 Oktober 2019. (KBRI Vatikan)

Dubes RI untuk Tahta Suci HE Antonius Agus Sriyono beserta isterinya menyediakan nasi tumpeng untuk menandai rasa syukur bersama ini.

Merawat warisan sejarah

Dalam paparannya, Bapak Kardinal memberitahukan pentingnya kita semua –Umat Katolik Indonesia—menjaga dan merawat warisan sejarah bangsa.

Dan itu, kata Bapak Kardinal Suharyo, adalah semangat toleransi antarumat beragama dan fakta hidup sosial antarsesama elemen bangsa Indonesia yang sehari-harinya diwarnai kerukunan dan hidup bersama yang saling bersahabat.

Berikut ini rekaman foto dan video yang disediakan oleh KBRI Vatikan untuk Sesawi.Net dan kami dengan sukacita membagian berita baik ini kepada para pembaca sekalian.

Kredit foto dan video: KBRI Vatikan

Arak-arakan imam konselebaran dan selebran utama Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dalam Perayaan Ekaristi Syukur yang diprakarsai KBRI Vatikan dan IRRIKA Italia. (KBRI Vatikan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here