Ketika Kita Mesti Mengatakan Cukup

0
220 views
Cukupilah kebutuhanku. (Romo Mardianus Indra Pr/Keuskupan Ketapang)

MERAIH impian sebenarnya tidak sulit. Soalnya adalah banyak orang ingin meraih kesuksesan sebanyak-banyaknya.

Seorang wanita karir yang cukup sukses mengatakan bahwa sebenarnya masih ada hal-hal lain yang bisa ia raih. Kesempatan masih terbuka dan ia memiliki kemampuan untuk itu. Tetapi kemudian ia bercerita tentang rekannya yang terus-menerus mengejar karir yang diinginkan.

Memang rekannya itu mencapai impiannya, namun berdampak negatif pada keluarganya. Anaknya tidak terurus dan tidak lulus sekolah. Bahkan lebih parah lagi, anaknya itu hamil di luar nikah.

Setelah mencapai karir yang diimpikan, wanita ini berkata, “Oh ternyata cuma begini saja. Bahkan anak saya membuat aib bagi keluarga.”

Apa yang ia dapatkan tidak sepadan dengan apa yang ia korbankan.

Step by step

Banyak orang sering salah perhitungan dalam perjalanan hidup mereka. Ujungnya adalah penyesalan yang tiada tara. Bahkan banyak orang kemudian secara tragis mengakhiri hidup mereka. Atau banyak orang menjadi frustrasi berat dalam menjalani hidup ini.

Kisah di atas memberi kita inspirasi untuk senantiasa menjalani hidup ini langkah demi langkah. Kita juga mesti menghitung kemampuan yang kita miliki. Seberapa besar dan banyak kemampuan yang kita miliki untuk meraih kesuksesan yang gilang-gemilang.

Karena itu, sebelum mengejar sesuatu seperti kekayaan, karir, ketenaran, posisi dan kesuksesan, kita mesti menghitung baik-baik apa yang mesti dikorbankan untuk meraih hal-hal itu. Apakah sepadan dengan apa yang akan kita peroleh? Tidak sulit untuk memutuskan apa yang kita inginkan dalam hidup ini.

Sebenarnya hal yang sulit adalah menentukan seberapa besar dan apa yang bersedia kita korbankan untuk meraih hal-hal yang kita inginkan. Soalnya adalah manusia memiliki kecenderungan untuk tidak pernah puas terhadap apa yang telah diperoleh.

Mari kita membuat rencana yang matang untuk meraih cita-cita atau harapan yang kita dambakan. Tetap semangat, sahabat-sahabat. Tuhan memberkati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here