KWI Bersyukur atas Tahun Iman 2012-2013 dan 50 Tahun Konsili Vatikan II (2)

0
1,894 views

DALAM homilinya, Mgr. Pujasumarta bernarasi tentang kisah dalam kitab suci tentang  perjumpaan Yesus dengan wanita Samaria. Temanya adalah tentang “Akulah Air Kehidupan”.

Terdapat dua golongan ekstrim kaum beriman yaitu:

(1) Fundamentalisme agama yang bisa sampai membuahkan kekerasan atas nama Allah, dan tidak peduli akan orang yang terluka seperti imam dan Levi dalam perumpamaan Orang Samaria yang baik hati. (

2) Ateisme, sekularisme seperti yang tampak terjadi di negara Barat.

Pentakosta Baru

Tahun Iman dimaksudkan agar kita bisa memroses iman sebagai pengalaman pribadi; menerima Yesus sebagai penebus; mengalami Pentekosta baru; dan bersedia menjadi pewarta bahwa Yesus hidup hari ini. 

Pada akhir misa, Mgr. Pujasumarta menyanyikan sebuah lagu karyanya yang berjudul “Tahun Iman” yang refrennya berbunyi “bahagia hidup suci dalam karya pelayanan kasih setiap hari”.

Misa syukur ini dihadiri oleh para tokoh Sekretariat/Komisi/Departemen dalam KWI. Hadir juga puluhan tokoh awam katolik maupun wakil dari berbagai mitra KWI seperti Maria Farida, Prof. Bernadette Setiadi, Dr.  Ery Seda, Justina Rostiawati, Veronika Wiwiek Sulistyo, Agustina Supriyani Kardono, WKRI, Gaudium et Spes Community, Yayasan  Bhumiksara, dan lain-lain.

Setelah misa, acara  berlanjut dengan seminar tentang 50 Tahun Konsili Vatikan II yang dibuka secara resmi oleh Mgr. Pujasumarta dalam kapasitasnya selaku Sekretaris Jenderal KWI.

Seminar yang dimoderatori oleh Pastur Krispurwana Cahyadi SJ ini dengan menampilkan tiga narasumber berkompenten yakni Romo  Wim van der Weiden MSF, mantan Pemimpin Umum MSF dan dosen KS di Fakultas Teologi Sanata Dharma.  Beliau menceritakan pengalaman pribadinya sebagai  salah satu asisten ahli para uskup Indonesia dalam Konsili Vatikan II.

Narasumber lainnya adalah Romo Prof. Eddy Kristiyanto OFM yang memaparkan kajian historis Konsili Vatikan II, dan Romo  Martin Chen Pr yang menjelaskan eklesiologi Communio Konsili Vatikan II.

Tahun Iman akan diperingati selama satu tahun sampai November 2013, sedangkan peringatan Konsili Vatikan II akan berlangsung selama tiga tahun sampai tanggal 8 Desember 2015. (Selesai)

Photo credit: Seminar Konsili Vatikan II di KWI dalam rangka Peringatan 50 Tahun Konsili Vatikan II (Royani Lim)

Artikel terkait:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here