Lentera Keluarga – Allah Komunio

0
181 views

Tahun C-1. Pekan Biasa X. Hari Raya Tritunggal Mahakudus.

Minggu, 16 Juni 2019. 

Bacaan: Ams 8:22-31; Mzm 8:4-5.6-7.8-9; Rom 5:1-5; Yoh 16:12-15. 

Renungan:

TRINITAS banyak tertuang dalam tradisi doa kita, dari tanda salib sampai kepada doa berkat. Kitapun dibaptis dengan menggunakan kata-kata Yesus diakhir sebelum Ia terangkat  “Aku membaptis engkau dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus”. Baptis memasukkan kita dalam iman dan misteri sejarah kelamatan Allah, yang bukan solitario tetapi komunio. Ikatan antar ketiga pribadi Bapa, Putera dan Roh Kudus, Allah yang satu, ada di dalam Injil sebagai sebuah misteri yang tidak bisa kita tolak kebenarannya tetapi tidak mudah masuk dalam budi kita. Identitas ketiga pribadi itu dan relasinya itu nampak dalam Credo kita baik yang panjang maupun yang pendek. Relasi kasih ketiga pribadi itu menghadirkan penciptaan, penebusan dan hidup baru.

Hari Raya Trintinas ini mengundang kita untuk semakin mengenang setiap pribadi Bapa, Putera dan Roh Kudus dengan kekhasannya masing-masing. Hari Raya ini juga mengingatkan kita supaya selalu sadar ketika kita berdoa dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. 

Banyak orang kristen sendiri ragu akan Trinitas, seakan-akan Allah kita tiga. Keraguan itu justru harus mendorong kita untuk membaca kembali dengan hati terbuka setiap tulisan dalam Kitab Suci untuk merasakan misteri ini, setiap kebenaran yang diungkapkan oleh Tuhan Yesus. 

Kontemplasi:

Bacalah dan rasakanlah kesatuan Bapa, Putera dan Roh Kudus yang disarikan dalam Injil Yohanes. 

Refleksi:

Sadarkan aku bahwa dengan baptis dan setiap kali membuat tanda salib, aku digabungkan dalam karya keselamatan Allah dan hidup Allah Tritunggal?

Doa:

Bapa, Putera dan Roh Kudus, budiku tak mampu menangkap dengan penuh dan membahasakannya, tetapi hati dan jiwaku tenggelam dalam ikatan kasihMu yang membuatku semakin lama semakin dekat dan dekat denganMu. 

Perutusan:

Sadarilah dan lakukanlah dengan khidmat setiap kali anda membuat tanda salib, berdoa dan mendoakan Credo. 

(Morist MSF –  www.misafajava.org)

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here