Orang Beriman yang Siap Siaga

0
159 views
Beriman dan harapan (Romo Suhud SX)

Rm 5:12,15,17-21 dan Luk 12: 35-38

KITA semua dibenarkan karena rahmat melimpah yang dikaruniakan Tuhan kepada kita. Hal ini menjadi nyata karena Kristus telah mati dan bangkit untuk menebus dosa-dosa kita.

Pemberontakan Adam membawa dosa dan kematian, tetapi berkat kebangkitan Kristus, Allah mengaruniakan hidup baru untuk kita. Demikian penegasan St. Paulus.

Murid-murid yang percaya kepada Yesus harus selalu siap sedia. Kesiapsediaan ini dilukiskan dengan ungkapan: “Pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap bernyala.”

Sikap ini seperti sikap menghadapi paskah Israel, ketika Tuhan lewat untuk menyelamatkan umat-Nya. Sikap siap siaga itu mesti ada dan dimiliki oleh para murid, agar selalu bersama Kristus yang kedatangan-Nya tidak terduga.

Melalui bacaan Injil ini, kita sekalian para murid Yesus diharapkan memiliki ketekunan, kesediaan, kerelaan dan terutama kewaspadaan dalam mengelola hidup ini. Hamba seperti ini akan merasakan kebahagiaan dan sukacita, tidak hanya secara pribadi, melainkan juga secara bersama-sama dalam komunitas unat beriman: keluarga, KBG, Lingkungan dan Paroki kita.

Doaku: Ya Tuhan Yesus, bantulah dan mampukan saya intuk selalu siap sedia, tekun, rela dan waspada dalam menantikan keratangan-Mu dengan melakukan amal kasih kepada semua orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here