Pelita Hati: 04.02.2020 – Percaya Pada Maha Kuasa-Nya

0
597 views

Bacaan Markus 5:21-43

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini mengisahkan dua peristiwa indah, yakni “Yesus yang Membangkitkan Anak Yairus dan Penyembuhan Seorang Perempuan yang sudah 12 Tahun Menderita Sakit Pendarahan”. Kisah ini bukan hanya indah tetapi tergolong istimewa, karena bermula dari keyakinan iman seorang kepala Sinagoga (tempat ibadah orang Yahudi) dan seorang perempuan yang tak berdaya dan tak memiliki siapa-siapa. Kisah panjang tentang karya mujizat Tuhan ini pun sarat dengan pesan-pesan keutamaan iman yang pantas untuk menjadi bahwa permenungan dan rujukan bagi kita dalam menghayati iman di masa kini.

Sahabat terkasih,

Kisah bangkitnya anak Yairus ini menegaskan bahwa keyakinan iman kita dapat menggerakkan hati Tuhan untuk mengerjakan karya mukizat-Nya. Tentu Yesus tidak mengabaikan niatan hati dan iman sang kepala rumah ibadat Yahudi yang mempertaruhkan jabatannya demi kesembuhan anaknya. Ia menabrak lazimnya para petinggi Yahudi yang tak menyetujui kiprah pewartaan Yesus yang dianggap banyak melanggar hukum Taurat dan adat istiadat Yahudi. Namun demi keselamatan anaknya, Yairus yang tentu sangat yakin akan kuasa Yesus mempertaruhkan segalanya termasuk kedudukannya. Anaknya yang ternyata telah tiada akhirnya dibangkitkan Tuhan. Berkat iman Yairus, Tuhan bertindak dan anaknya hidup kembali. Pengalaman ini semoga menjadikan kita makin teguh dan setia dalam beriman.

Sahabat terkasih,

Hal senada juga terjadi dalam diri perempuan yang sudah 12 tahun menderita sakit pendarahan. Pesan dari kisah ini adalah jangan berhenti dan menyerah untuk mencari Tuhan. Dia adalah tujuan akhir dari seluruh perjalanan dan peziarahan iman kita. Kita tak boleh putus asa apalagi menyerah. Dan di atas semuanya itu adalah keyakinan bahwa tak ada yang mustahil bagi Tuhan. “Asal kujamah jumbai jubah-Nya, aku akan sembuh”. Semoga kata-kata perempuan ini menyadarkan kita untuk tidak putus asa memohon penyelamatan Tuhan. Sekali lagi,  tak boleh kita menyerah dan harus selalu berharap dalam iman sembari tetap yakin bahwa  karya mujizat-Nya tetap bekerja. 

Garuda harus tetap di dada,
untuk Indonesia tercinta.
Mujizat Tuhan itu ada,
mujizat Tuhan sungguh nyata

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here