Pelita Hati: 15.10.2019 – Bersih Luar-Dalam

0
525 views

Bacaan Lukas 11:37-41

Tetapi Tuhan berkata kepadanya: “Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan. Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam? Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu. (Luk.11:39-41)

Sahabat terkasih,

TUHAN sedang menegur orang-orang Farisi yang hidupnya sarat dengan kemunafikan dan kepura-puraan. Yesus mewartakan pentingnya kebersihan hati dan budi bukan sekedar bersih lahiriah atau luaran saja. Kesalehan sejati bersumber dari hati yang tulus dan penuh kasih. Karenanya hati kita musti dipenuhi dengan belas kasih, kerendahan hati, keluhuran budi bukan dengan amarah dan kebencian, kesombongan dan iri hati. 

Sahabat terkasih,

Kali ini Tuhan Yesus menegur dengan gaya bicara yang lugas dan apa adanya. Di samping menegur para Farisi, Tuhan memberikan pengajaran keutamaan kepada para murid-Nya. Tentu saja kita pun dituntut untuk mengusahakan hidup yang sama, bukan menjalankan ibadah demi formalitas belaka atau melakukan sedekah dan persembahan demi mengharap pujian manusia. Mari kita berjuang untuk menjadi pribadi yang hidup atas dasar ketulusan hati. Mengabdi Tuhan bukan untuk mencari pujian  tetapi sebagai ungkapan iman dan persembahan hati kepada Tuhan. terdalam. Kita harus bersih luar-dalam.

Menyibak rimbun dedaunan,
sejoli berdua di bawah pohon Krisan.
Tuhan sungguh berkenan,
kepada yang hidup dengan ketulusan.

dari Lereng Merbabu-Merapi,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here