Pelita Hati: 18.02.2020 – Melawan Ragi Farisi

0
451 views

Bacaan Markus 8:14-21

Kemudian ternyata murid-murid Yesus lupa membawa roti, hanya sebuah saja yang ada pada mereka dalam perahu.  Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes.” (Mrk.8:14-15)

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini mengisahkan Yesus yang mengingatkan murid-murid-Nya agar hati-hati terhadap  ragi Farisi dan ragi Herodes. Mengapa Yesus secara spesifik menyebut ragi Farisi dan Herodes. Ada beberapa pertimbangan yang melatarbelakanginya, yaitu:

  1. Orang-orang Farisi identik dengan tabiat kemunafikan. Hidupnya dipenuhi oleh kepura-puraan. Nampaknya ia tekun beribadah dan menjalankan aturan agama namun hatinya jauh dari Tuhan. Mereka menjalankan ibadah agar dilihat orang dan mengharap pujian. Apa yang mereka ucapkan dan doakan tidak sesuai dengan yang dilakukan.
  2. Ragi Herodes adalah ragi yang menebarkan nafsu kuasa dan angkara murka. Demi meraih keinginanya rela menghalalkan segala cara. Kita tentu masih ingat ketika Herodes memerintahkan prajurit-prajuritnya untuk membunuh anak-anak Bethlehem dengan membabi-buta. Karena merasa diperdaya oleh orang-orang majus yang tidak mau kembali kepadanya dan menunjukkan di mana tempat lahir Yesus yang dinyatakan sebagai raja maka Herodes mementaskan tabiat bengisnya, membunuhi seluruh bayi Bethlehem yang terlahir laki-laki. Kebengisannya menandakan ambisi pribadinya.

Sahabat terkasih,

semoga kita dapat membebaskan diri dari sikap munafik para Farisi dan nafsu kuasa yang membabi buta. Semoga kita mampu menjadi pribadi yabg sahaja dan setia.

Jangan suka basa-basi
lebih baik bicarw dari hati ke hati.
Jauhkan kami dari ragi Farisi,
dekatkan kami pada hidup tulus hati.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here