Pelita Hati: 21.02.2020 – Menyangkal Diri dan Mengikuti-Nya

0
656 views

Bacaan Markus 8:34-9:1

Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya. (Mrk. 8:34-35)

Sahabat pelita hati,

KATA-KATA emas dari pelita sabda hari ini adalah “menyangkal diri, memikul salib dan mengikuti Aku”. Menyangkal diri tidak dimaksudkan hal-hal yang tadinya kita suka lalu harus kita sangkal, seperti menyangkal diri dari makanan, hobby, tontonan. Yang harus kita sangkal pertama-tama adalah diri kita, ego kita. Sebab jika orang benar-benar mengikut Yesus maka hanya satu tujuan hidupnya, yaitu menjalani hidup yang sepenuhnya dikendalikan oleh Tuhan. Yang menolak untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah adalah mereka yang akan kehilangan banyak hal. 

Sahabat terkasih,

Memikul salib berarti siap menghadapi beragam kesulitan atau bahkannpenderitaan yang diakibatkan kareba kita menjadi pengikut Kristus. Tak lari jika berhadapan dengan tantangan serta tetap tegar dan teguh menghadapinya. Dengan demikian menjadi murid Kristus tak boleh cengeng dan mudah menyerah sambil tetap percaya bahwa Dia tidak akan pernah membiarkan kita sendirian berjalan. Ia selalu menopang kita dengan berkah-berkah-Nya. 

Mari kita sandarkan hidup kita hanya kepada-Nya.

Sahabat-sahabat pelita hati,
berkah melimpah di awal hari.
Murid Yesus yang sejati,
siap memikul salib dan menyangkal diri

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here