Pentingnya Katekese Berjenjang dari Kandungan-Kematian, Imbauan Pastor Kris Ludong Pr di Manado

0
145 views
Rekoleksi wilayah St. Dominikus Paroki St. Veronika Kaiwatu, Manado. (Ist)

DIPAYUNGI langit cerah, setelah beberapa hari sebelumnya hujan selalu turun, pada Minggu (28/07/2019) Umat Wilayah Rohani St. Dominikus mengadakan rekoleksi.

Setelah dilepas Pastor Paroki Santa Veronika Kaiwatu, Pastor Frans Mandagi MSC, dengan iringan doa dan berkat untuk lancarnya kegiatan, rombongan menuju lokasi rekoleksi.

Pastor Kris Ludong Pr, Ketua Komisi Kateketik Keuskupan Manado, diundang sebagai pembimbing rekoleksi. Kegiatan ini bertempat di Lotus Resort, Mokupa.

Beberapa materi diberikan Pastor Kris untuk mengajak umat mengumpulkan kembali Spirit Rohani mereka yang mungkin redup karena kesibukan dan berbagai pergumulan hidup.

Pastor Kris Ludong Pr, Ketua Komisi Kateketik Keuskupan Manado.

Berangkat dari tema “Dalam Terang Sabda Allah, Umat Wilayah Rohani St. Dominikus Mengembangan Jati Diri dan Martabatnya untuk Menyinari Kehidupan Bersama di Dunia”, Pastor Kris menjabarkan materi-materinya.

Mulai dari menjelaskan apa itu rekoleksi kemudian lanjut dengan Spiritualitas St. Dominikus, Pastor Kris terus membangkitkan antusias Umat.

“Semoga spiritualitas St. Dominikus dihidupi di tengah-tengah umat,” pinta Pastor Kris setelah menjelaskan riwayat hidup St. Dominikus.

Suasana rekoleksi umat Wilayah Rohani St. Dominikus Paroki St. Veronika Kaiwatu bersama Pastor Kris Ludong Pr.

Pengembangan diri

Materi kemudian masuk ke inti yaitu Mengembangkan Jati Diri dan Martabat sebagai sebuah persekutuan Umat Wilayah Rohani. “Di sini intinya kita berkembang sebagai sebuah Wilayah Rohani”, ungkap Pastor Kris.

Diterangi dengan ayat-ayat Kitab Suci dan poin-poin dalam buku Statuta Keuskupan Manado, umat diajak melihat arah gerak ke depan.

Sesudah makan siang materi dilanjutkan dengan Rekoleksi Keluarga. Setelah di sesi pertama adik-adik SEKAMI dibimbing terpisah oleh para Pembina Sekami di Wilayah, maka pada sesi kedua semua bergabung dalam keluarga mereka.

Sesi ini berjalan seru, karena Pastor membawakan materi rekoleksi dengan ringan dan penuh sukacita. Dalam sesi ini dijelaskan soal pentingnya Katekese Berjenjang mulai dari dalam kandungan hingga kematian.

Rekoleksi keluarga juga melibatkan anak-anak.

Materi terakhir lebih menarik lagi, karena dibawakan dalam bentuk family games. Kekompakan masing-masing Keluarga diuji dalam aneka permainan sukacita ini.

Kegiatan Rekoleksi ini diadakan sebagai rangkaian acara dalam rangka Pesta Pelindung dan HUT Wilayah Rohani St. Dominikus yang jatuh pada tanggal 8 Agustus.

Sebelum berpisah dari lokasi, pastor berpesan untuk terus mengembangkan nilai-nilai dalam rekoleksi ke kehidupan sehari-hari. “Semoga apa yang didapat terus dikembangkan khususnya Doa Bersama dalam keluarga,” demikian imbauannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here