Pertama dalam 92 Tahun: Film Korea Non Bahasa Inggris “Parasite” Menangi Oscar sebagai Film Terbaik

0
82 views
Sepasang orangtua dengan kedua anak mereka berhasil menyaru diri masuk dalam hidup keluarga Korea kaya dalam film komedi satir "Parasite" (CNN)

SEPERTI diduga banyak orang, film Korea Parasite jenis komedi satir (serie noire) berhasil memenangi penghargaan Oscar sebagai film terbaik tahun ini.

Parasite membuat sejarah di Academy Awards.

Film Korea besutan sutradara Bong Joon-ho menjadi film non berbahasa Inggris pertama kali dalam kurun waktu 92 tahun terakhir yang berhasil memperoleh predikat sebagai film terbaik.

Parasite juga meraih Oscar untuk kategori film jenis features terbaik dan kategori original screenplay dan satu lagi lainnya.

Total jenderal, dalam ajang Piala Oscar di Academy Awards ini, Parasite berhasil meraih empat penghargaan Oscar.

Sutradara sekaligus penulis naskah Bong Joon-ho untuk film Koreanya “Parasite” yang berhasil memboyong pulang empat penghargaan Oscar dalam Academy Awards 2020.

Ungkapan bahagia

Sutradara sekaligus penulis skrip Bong Joon-ho mengungkapkan luapan sukacitanya sebagai berikut.

“Saya merasa sedemikian bahagia menjadi pemenang pertama untuk kategori film non berbahasa Inggris.”

Saat masih muda, tambahnya, “Saya selalu mempelajari film-film produksi Martin Scorsese. Bahkan sudah masuk nominasi saja, saya sudah merasa sangat terhormat dan sekarang film saya malah menang Oscar.”

Sepenggal adegan dalam film “Parasite” (CNN)

Produser Parasite sempat berujar demikian. “Saya kehabisan kata-kata. Saya tak pernah membayangkan hal ini benar-benar terjadi. Saya merasa mendapatkan ‘durian runtuh’ dan ini benar-benar terjadi sekarang.”

Di ajang festival film Cannes yang amat bergengsi di Perancis, Parasite juga berhasil memboyong pulang Palme d’Or (Palem Emas) bulan Juni 2019 lalu –sebuah penghargaan tertinggi dalam Festival Film Cannes.

Kalahkan film epik perang 1917

Parasite mengalahkan film unggulan lain karya sutradara Sir Sam Mendes yakni 1971, sebuah film epik Perang Dunia I yang menyayat hati. Sam Mendes memboyong tiga Oscar.

Sementara, aktris Rene Zellweger dinobatkan sebagai aktris terbaik saat memerankan sosok Judy Garland dalam film bertitel Judy.

Aktor terbaik diraih oleh Joaquin Phoenix dalam film berbau kekerasan yakni Joker.

Kategori aktor-aktris pemeran pembantu terbaik diraih oleh Brad Pitt dalam film Once Upon A Time in Hollywood dan Laura Dern melalui filmnya bertitel Marriage Story.

Berikut ini daftar perolehan Oscar tahun ini.

  • Parasite: 4.
  • 1917: 3
  • Ford vs Ferrari: 2
  • Joker: 2
  • Once Upon A Time in Hollywood: 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here