Refleksi Bersama Para Penggiat HAAK se-Dekenat Bekasi

0
116 views
Foto bersama Dekanat Bekasi saat pertemuan di Aula Sekolah Pangudi Luhur DeltaMas, Bekasi. Minggu (24/3). Foto Komsos GITC Cecilia Indarti

PULUHAN aktivis Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan atau HAAK se-Dekenat Bekasi, kali ini berkumpul kembali di Aula Sekolah Pangudi Luhur Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/3/2019).

Pertemuan membicarakan struktur organisasi HAAK Dekenat, serta merancang acara dialog untuk menjalin komunikasi dengan umat agama lain, sehingga diharapkan bisa terjalin hubungan yang baik lewat karya nyata yang mengangkat etika moral kemanusiaan.

Selain dihadiri Pengurus Dekenat Bekasi antara lain Hubertus D Manek sebagai Ketua Umum dari Paroki Arnoldus, Ketua I Christoforus Manalu dari Paroki Bartolomeus dan Yohanes Sukarmo dari Paroki Harapan Indah sebagai Ketua II, juga dihadiri perwakilan Paroki/Stasi di Bekasi, diantaranya Paroki Arnoldus, Kampung Sawah, Albertus , Bartolomeus, Jatiwaringin, Stasi YP 2 dan Paroki Ibu Teresa Cikarang.

Ketua I Dekenat Bekasi Christoforus Manalu mengungkapkan pentingnya rekoleksi spiritual HAAK dengan harapan umat tidak sungkan untuk bergabung dengan tim HAAK dalam melayani Tuhan, melalui kasih untuk berhubungan dengan umat agama lain.

“Para anggota HAAK diharapkan mampu membaur dan dapat menyikapi budaya setempat seperti Betawi, Jawa, Batak dan lain sebagainya. Dengan demikian diharapkan dapat terjalin hubungan yang harmonis dan bersinergi antar berbagai budaya yang ada, sehingga membuat gereja dapat diterima di masyarakat luas,”ujar Manalu.

Di dalam nuansa pesta demokrasi, penggerak dan penggiat  HAAK diharapkan dapat menjadi inisiator dan mendorong umat Katolik untuk ambil bagian, menggunakan hak pilihnya dan menghimbau agar tidak golput. Serta membantu menjaga keadaan tetap kondusif dan masyarakat tidak terprovokasi oleh kabar burung atau hoax pasca pemilu.

“Penggiat HAAK Dekenat Bekasi bisa saling meneguhkan satu sama lain, sehingga di dalam pelayanan kita bisa sungguh membawa gereja di tengah masyarakat lewat cara-cara yang penuh persaudaraan dan guyub, juga komunitas kita dengan siapa saja yang berkehendak baik”, ucap Pastor Paroki Ibu Teresa Romo Antonius Antara Pr.

Romo Antara menyampaikan dukungannya bagi para penggerak HAAK di Paroki Dekenat Bekasi, agar bisa menularkan virus kebaikan ke dalam masyarakat, karena tugas kita semua sebagai umat katolik untuk ikut ambil bagian di dalam karya pelayanan Tuhan di dunia ini lewat relasi kita, persaudaraan kita satu satu sama lain.

Komsos PITC- Cecilia Indarti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here