Safari Silaturahmi Idul Fitri Uskup Agung KAS Mgr. Robertus Rubiyatmoko

0
652 views
Wagub Jateng, Heru Sudjatmiko; Ketum Pengelola MAJT, Noor Achmad; Mgr Robertus Rubiyatmoko dan Romo Aloys Budi Purnomo dalam silaturahmi Idul Fitri 1438 H di MAJT. (ist)

PUKUL 06.30 di hari pertama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah (25/6), Uskup Agung Semarang Mgr. Dr Robertus Rubiyatmoko mulai mengadakan safari silaturahmi Hari Raya Idul Fitri. Kami –Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Kom HAK KAS) mendampingi acara safari silahturahi tersebut.

Pertama-tama, kami  langsung meluncur ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Wakil Gubermur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, Ketua Umum Pengelola MAJT Dr H Noor Achmad MA, dan sejumlah pengurus MAJT lainnya menyambut Mgr. Rubiyatmoko dan kami di Ruang VIP MAJT. Mereka semua menyambut hangat dan akrab kehadiran kami berdua.

Saling tukar pesan perdamaian

Pada kesempatan tersebut, Gereja Katolik KAS dan Pengelola MAJT saling bertukar pesan perdamaian. Bapak Uskup KAS memberi dua eksemplar Pesan Idul Fitri dari Vatikan dan Pesan Idul Fitri Komisi HAK KAS yang berjudul “Umat Kristiani dan Umat Islam Merawat Rumah Kita Bersama” kepada Noor Achmad. Sebaliknya, Noor Achmad memberi Khutbah Idul Fitri 1438 berjudul “Makna Idul Fitri, Watak Dasar Islam, dan Budaya Indonesia.”

Silaturahmi dilanjutkan dengan menikmati nasi soto dalam suasana akrab dan gembira. Sambil menikmati nasi soto, Uskup Agung  KASJ dan Pengurus Masjid Agung terus berbincang tentang ke-Indonesia-an yang harus rukun dan damai.

Silaturahmi ke Pemkot dan Kapolda

Dari MAJT, kami lalu meluncur ke Pemkot Semarang untuk bersilaturahmi kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan seluruh jajarannya. Kali ini, bergabung seluruh anggota Kuria Keuskupan: Vikjen Romo FX Sukendar Wignyosumarta Pr, Sekretaris Romo Ignatius Triatmoko MSF, Ekonom Romo Ignatius Aria Dewanto SJ), dan Romo AG Luhur Prihadi Pr (Pastor Paroki Katedral Semarang).

Mereka baru bisa bergabung sebab sebelumnya masih harus melayani umat dalam Misa Minggu terlebih dahulu.

Dari Pemkot Semarang, rombongan meluncur menuju rumah dinas Kapolda Jawa Tengah. Sesudah menunggu beberapa saat, Kapolda Jateng Irjenpol Drs. Condro Kirono, MM, MHum menyambut rombongan Bapak Uskup dengan ramah dan penuh semangat persaudaraan. Irjenpol Condro Kirono memperkenalkan isterinya dan semua jajaran Polda Jateng yang hadir masing-masing dengan pasangannya. Suasana kekeluargaan pun tercipta dalam silaturahmi itu.

Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko bersilahturami dengan Kapolda Jateng Irjenpol Condro Kirono dan jajarannya. Ikut dalam rombongan ini adalah Kuria Keuskupan Agung Semarang dan Ketua Komisi HAK KAS. (Ist)

Qaryah Thayyibah dan Edi Mancoro

Dari rumah dinas Kapolda Jateng, rombongan Bapak Uskup melanjutkan safari silaturahmi Idul Fitri 1 Syawal 1438 H ke rumah kediaman Kang Ahmad Bahrudin,  pengasuh Komunitas Qaryah Thayyibah di Kalibening, Salatiga. Kang Din dan Roy Budi menyambut rombongan dengan gembira. Setelah menerima ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Kang Din berbagi banyak pengalaman mengenai pendampingan dan pemberdayaan para petani di Komunitas Qaryah Thayyibah.

Dengan penuh semangat, Kang Din berbagi kisah tentang bagaimana mewujudkan hak akses rakyat pada sumber daya agraria khususnya di Merbabu, Kendeng, dan Kedung Ombo. Bapa Uskup bersepakat dan mendukung penuh perjuangan Kang Din mewujudkan reforma agraria melalui skema perhutanan sosial bersyarat demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman sebagai sebuah peradaban kasih.

Safari silaturahmi Idul Fitri Mgr Robertus dan rombongan berlanjut ke Pondok Pesantren Edi Mancoro, Gedangan, Tuntang, Kabupaten Semarang. Sebelum meluncur ke Ponpes Edi Mancoro, rombongan Bapak Uskup singgah makan siang di Restoran Sanjoyo atas traktiran Roy Budi pemilik restoran tersebut yang berada di Hotel Beringin Salatiga.

Di Ponpes Edi Mancoro, rombongan Bapak Uskup disambut Nyai Nafisah Mahfudz Ridwan, isteri mendiang KH Mahmudz Ridwan. Lalu sebentar Bapak Uskup dan rombongan berziarah dan berdoa di makam KH Mahfudz Ridwan. Sesudah itu, Bapak Uskup disambut Gus Hanif, salah satu putra mendiang KH Mahfudz Ridwan yang mendapat amanah untuk melanjutkan mengelola dan mengasuh Ponpes Edi Mancoro.

Dengan penuh humor Gus Hanif menerima rombongan Bapak Uskup. Joke-joke ringan penuh makna mengalir dari penerus KH Mahfudz Ridwan ini. Muhammad Hanif juga langsung mengucapkan Selamat Ulang Tahun ketika diberitahu Romo Budi bahwa bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 25 Juni 2017 ini Gereja Katolik Keuskupan Agung Semarang berulanh tahun ke-77.

Begitulah safari silaturahmi Hari Raya Idul Fitri Mgr. Robertus bersama rombongan yang sudah dimulai pukul 06.30 ke MAJT diakhiri pada pukul 16.00 di Ponpes Edi Mancoro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here