Semoga Paus Fransiskus Benar Kunjungi Indonesia, September 2020

0
498 views
Ilustrasi: Paus Fransiskus bersama para tokoh agama monoteis di Vatikan. Dalam pertemuan itu juga hadir sejumlah wakil NU dan Muhammadiyah dari Indonesia. (KBRI Vatikan)

SEPANJANG hari Jumat tanggal 24 Januari 2020 ini telah beredar copas surat undangan resmi Pemerintah RI yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Isinya jelas yakni keinginan Pemerintah RI agar Bapak Suci Paus Fransiskus berkenan mengunjungi Indonesia dalam program lawatan pastoral Vatikan ke “Timur” yakni Timor Leste dan PNG.

Nah, pas mengarah lawatan pastoralnya ke “Timur”, maka semoga Bapa Suci Paus Fransiskus juga berkenan sekalian mengunjungi Indonesia.

Pekan lalu, Sesawi.Net menghubungi beberapa pihak di Vatikan dan mereka mengatakan bahwa beberapa hal memang tengah dibicarakan kedua belah pihak.

Anggota Wantimpres RI sekaligus Katim Am PBNU Yahya Cholil Staquf dan Paus di Vatikan hari Rabu petang tanggal 25 September 2019. (Romo Andreas Kurniawan OP)
Imam Masjid Agung Roma mendapat kunjungan silahturahmi anggota Wantimpres RI Yahya Staquf, Mgr. Agustinus Agus dari Keuskupan Agung Pontianak, tiga imam Ordo Dominikan Indonesia, dan Romo Markus Solo SVD dari Kantor Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama di Vatikan.

Sinyal bahwa Paus Fransikus berminat akan mengunjungi Indonesia pertama kali dilansir oleh Yahya Cholil Staquf saat menghadiri sebuah acara konferensi agama-agama monoteistik di Vatikan pekan lalu.

Dubes RI untuk Vatikan Bapak Antonius Agus Sriyono kepada Sesawi.Net pekan lalu membenarkan bahwa Yahya Cholil Staquf memang tengah berada di Vatikan dalam konteks kehadirannya mengikuti program acara konferensi tersebut.

Berikut ini surat undangan Pemerintah RI agar Paus Fransiskus berkenan datang mengunjungi Indonesia di bulan September 2020 mendatang.

Surat undangan Pemerintah RI yang ditandatangani Presiden Joko Widodo agar Paus Fransiskus berkenan datang mengunjungi Indonesia bulan September 2020 mendatang. (Ist)
Terjemahan surat undangan Pemerintah RI kepada Paus Fransiskus. (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here